Friday, 27 April 2018

BLOGTOUR, BOOK REVIEW | BURN BABY BURN - CHRISTIAN SIMAMORA

Judul Buku : Burn Baby Burn 
Penulis : Christian Simamora
Editor : Alit Tisna Palupi
Disginer Sampul : Dwi Andika Anindhika
Penata Letak : Gita Mariana 
Proofreader : Rinandi Dinanta
Penerbit : Roro Raya Sejahtera
Tebal Buku : viii + 448 halaman
Cetakan Pertama, Desember 2017
ISBN : 978-602-61138-9-4

SEBUAH NOVEL TENTANG KY + GIA

Tagline;
GIA NGGAK MAU SEKADAR JATUH CINTA
DIA INGIN JATUH CINTA SEPERTI 
DI NOVEL WATTPAD!



B L U R B

Dari pada menyatakan cinta,
aku lebih nyaman berbohong seperti ini padamu:

"Kau adalah orang pertama yang aku cintai dengan sepenuh hati, 
meskipun aku tahu kau bukan milikku.
Meskipun kau memilih orang lain yang kau rasa
lebih pantas berada di sisimu.
Aku mengerti. Aku benar-benar mengerti.

Namun, aku juga ingin kau tahu, selamanya kau adalah
satu di antara sejuta.
Kau istimewa, terbaik di antara yang terbaik.

Jadi kalau hanya teman posisi yang tersedia untuk saat ini, 
dengan senang hati aku menawarkan diriku.
Aku cukup puas berada sedekat ini denganmu, 
meskipun tahu tak akan pernah jadi cinta sebenarmu.

Tak apa. Benar-benar tak apa."

Baca Juga yaa..




K I L A S A N   B A L I K

Giandra Audrissa Yasmin adalah seorang penerjemah novel  freelance. Berteman dengan novel-novel romance di sebagian hidupnya, membuat Gia jarang keluar rumah, kurang bersosialisasi dengan orang luar, bahkan Gia pun bisa dikatakan tidak punya teman yang lebih dari sekadar teman (bisa jadi juga tidak punya teman juga). Jadi tak jarang kakaknya - Cass - selalu menjudge Gia dengan hal-hal yang kerap membuatnya semakin tidak percaya diri. Apalagi dengan tawaran seorang laki-laki untuk dijadikan pasangan semakin membuat Gia semakin anti dengan Cass. 

Selain mempunyai pekerjaan freelance, Gia juga mengelola sebuah akun di wattpad dengan cerita-cerita yang sangat dinanti oleh pembaca - coklatkacang. Jadi wajar saja, Gia tak sempat untuk memikirkan kehidupan nyatanya yang sepi pasangan hidup. Hidup Gia sudah dipenuhi dengan alur cerita yang semakin membuat imajinasi Gia semakin lancar, dan tak jarang pun ia berharap kalau kisah hidupnya juga akan bernasib sama - happy ending - seperti di cerita-cerita fiksi. Dan Cass dengan mulutnya yang super semakin membuat Gia was-was setiap kali harus berurusan dengan Cass.

Justru Gadis, keponakannya - anak Cass - yang menjadi tempat curhatan Gia. Gadis satu-satunya - yang menurut Gia - bisa mengerti jalur hidupnya selama ini. Mereka kerap seminggu sekali selalu menghabiskan waktu bersama. Baik itu berbelanja bersama, hang-out bersama, bahkan berkunjung ke restoran favorit dan langganan mereka, The Roux Restaurant. Dan kepada pemilik restaurant itu juga Gia elabuhkan hatinya walaupun tak pernah kesampain. 

Dan berkat dorongan dari Gadis dan semua saran-sarannya, Gia mulai men-stalking restauran favorit mereka tersebut hingga mendapatkan riil account-nya Kyrian LeRoux, si pemilik resto. Bahkan sampai rela mengikuti kelas memasak yang di tutori Ky - sapaan akrab Kyrian. Semenjak itu, kedekatan Ky dan Gia semakin dekat, namun naas-nya di pertengahan Ky tiba-tiba mengenalkan pacar barunya kepada Gia. 


"Memang sulit berteman dengan dia yang diam-diam membuatmu jatuh cinta. Apalagi setiap kali menoleh ke arahnya, yang kau lihat adalah semua yang kau inginkan." - hal. iii



Seperti yang dibilang penulis di bukunya, novel Burn Baby Burn ini merupakan eksperimen pertama penulis dari novel-novel sebelumnya, yang pasti selalu akan ada iya-iyanya (You know lahh what i mean). Berbeda dengan novel ini, yang bisa dibilang nggak ada, ada sihh tapi hanya imajinasi dari tokohnya saja. Dan itu juga bisa dikatakan juga tidak ada kan...

Burn Baby Burn ini menurutku memberi sesuatu yang berbeda. Kalau biasanya penulis langsung membuat chemistry yang happy ending dengan karakter utamanya, berbanding terbalik di novel ini. Karna di novel ini, setiap karakter utamanya mengalami perkembangan yang perlahan-lahan membuat kita sebagai pembaca paham, yaa memang seharusnya gitukan. Di mulai dari proses pertemanan yang kadang-kadang nggak selalu happy ending. Nggak mendadak ketemu langsung jatuh cinta karena pesonanya. Walaupun Gia sendiri juga langsung jatuh cinta, tapi berbeda sama Ky yang akrab sama Gia tapi  hanya mengganggapnya sekadar teman/sahabat. Proses talik-ulurnya bikin geram-gemas.

Walaupun ini di luar pakem biasanya penulis, tapi tetap ciri khas penulis ada. Seperti selipan humor, ataupun gaya bahasanya yang ringan dan kekinian juga. Masih memberikan efek senyum-senyum sendiri setiap membaca tiap babnya. 

Yang membuat aku sangat mengapresiasi penulis romance satu ini adalah dasar ide ceritanya selain romance tentunya. Seperti di novel ini, isu yang di angkat adalah seputar dunia penerbitan, job sebagai editor dan tugas freelance. Juga terkait aplikasi wattpad yang memang lagi booming banget. Dan nilai plus karena si tokoh wanita nya berperan sebagai penulis di wattpad yang juga mempunyai penggemarnya sendiri. Dari sini kita bakal mendapat bukti fakta bagaimana teror dari pembaca saat menagih karya-karya authornya, belum lagi dengan komentar-komentar yang 'kadang' memaksa untuk cepat-cepat di publish tanpa mau repot-repot peduli dengan kondisi dan kesibukan author di dunia nyata. Uniknya, di pergantian bab atau paragraf, penulis menyisipkan komentar di akun coklatkacang (akun wattpadnya - Gia), jadinya lucu dan seru juga. Serasa lagi baca isi hati pembaca di wattpad. 

Bagi fans-nya penulis yang gemar sama cerita yang ada 'tanda kutipnya', novel ini pun masih cocok dibaca juga kok. Karena kalian akan menemukan sesuatu yang memang betul-betul berbeda tapi mempunyai cita rasa yang masih sama. Dan aku saranin buku ini tetap harus di baca sama dedek yang sudah 18+ yaa..

"Cinta mengalahkan segalanya, karena itu berserahlah saat mencinta." - hal. 86

R A T I N G 


Book Challenge


☺☺☺☺

No comments:

Post a Comment