Wednesday, 27 September 2017

BOOK REVIEW | PASSION STORIES - QALBINUR NAWAWI


Judul Buku : Passion Stories 
Penulis : Qalbinur Nawawi
Editor : Fachmy Casofa
Desain Sampul & Isi : Dian Nurwendah
Penata Letak : Dian & Tri
Foto : Istimewa
Proofreader : Hartanto & Cahyadi H. Prabowo
Cetakan Pertama, Mei 2017
Penerbit Metagraf Imprint of Tiga Serangkai
Jumlah Halaman : 158 hal
ISBN : 978-602-6328-28-1

BLURB :


Stories of 10 People,  doing what they Love

Belajar bagaimana pentingnya menjadi diri sendiri dari Rini Wulandari. Terus belajar dan memperbarui diri seperti Hendy Setiono. Membangun relasi dan kerja tuntas seperti Sandiaga Uno. Mau berproses dari "bawah" seperti Dion Wiyoko. Menjadi sosok yang unik seperti Whulandary Herman. Punya target yang dikejar seperti Arbain Rmbey dan Taufik Hidayat. Berani total seperti Umar Syarief. Asah kemampuan sambil berkarya dari Dewa Budjana. Dan punya sistem produktivitas seperti Dewi Lestari.

***

Kesuksesan Karena PASSION

"Passion itu minat yang dilakoni dengan semangat. Passion memotivasi kita untuk belajar dan menggali, juga untuk mencoba lagi meskipun sempat tersandung atau gagal." (hal. 139)

Di balik suksesnya seseorang pasti karena adanya kerja keras dan pantang menyerah. Seseorang dikatakan sukses jika sudah melewati berbagai rintangan dan cobaan, namun hal tersebut belum tentu juga. Karena siapa yang tahu, jika di saat seseorang sedang menapaki kesuksesannya, tiba-tiba dihadang cobaan dan masalah. Karena itu seseorang dikatakan sukses apabila berhasil melewati itu semua tanpa harus berhenti namun terus melakukan upaya kerja kerasnya dan pantang menyerah. Memiliki passion tentu menjadi lebih mudah bagi seseorang untuk menekuni apa yang disukai, dan jalan untuk menuju kesuksesan pun pasti - Insya Allah - akan lebih mudah, yang tentunya juga harus di sertai dengan kerja ikhlas.

Buku Passion Stories ini mengisahkan tentang 10 orang sukses dengan passion mereka yang menjadi obrolan dengan penulis terkait pengalaman dan kisah dibalik kesuksesan mereka karena passion. Dari ke-10 orang tersebut, ada 2 dari mereka yang sangat saya sukai terkait pengalaman mereka dan filososfi hidup, yaitu Sandiaga Uno dan Dewi Lestari. 

"Bila kamu berbuat baik, sesungguhnya kebaikan itu akan berbalik lagi 
pada dirimu sendiri." (hal. 22)

Sandiaga Uno dengan prinsip sederhananya yaitu, 4 AS: Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Tuntas, dan Kerja Ikhlas mampu menjadi seseorang yang sangat menginspirasi bagi siapa pun yang mengenal beliau. Dengan program BUB (Berlari untuk Berbagi) yang menurut saya hal ini sangat unik, berolahraga sehat namun diiringi dengan amal. Dan lagi seberapa suksesnya beliau, namun untuk berbagi tidak pernah dilupakan .

"Menulis itu membutuhkan latihan yang tak terhingga." (hal. 135)

Dewi Lestari. Siapa sih yang tidak mengenal penulis sekaligus penyanyi yang satu ini? Di dunia perbukuan mungkin beliau dikenal karena karya-karya novelnya yang best seller dan saya pribadi pun lebih mengenal sosok beliau ini karena seorang penulis bukan seorang penyanyi (dan saya pun baru tahu, kalau beliau ini juga ternyata seorang penyanyi ^-^). Melalui Mbak Dee ini kita belajar banyak hal dan obrolan dibagian penulis satu ini membuka mata saya, semacam memberi pencerahan. Apalagi bagi penulis pemula. Banyak saran-saran yang diberikan untuk seseorang yang ingin menjadi seorang penulis, dan bagaimana cara menghadapi mood dan writer's block yang kerap kita hadapi. 

"Berbisnis itu sifatnya up and down, serba tidak pasti, tidak menentu, penuh resiko dan tantangan. Kalau karier yang kita jalani, katakanlah membuka usaha coffe shop, tapi nggak dibarengi dengan passion, begitu ada masalah, pasti kita lebih cepat menyerah." (hal. 7)

Selain Sandiaga Uno sebagai entrepreneur sukses dan Dewi Lestari sebagai penulis sukses, masih adalagi obrolan penulis dengan orang-orang sukses lainnya,seperti Rini Wulandari dan Dewa Budjana yang sukses dibidang musik. Taufik Hadayat dan Umar Syarief yang sukses di bidang Olahraga. Dion Wiyoko dan Whulandary Herman di bidang entertainment. Arbain Rambey di bidang Fotografi. Dan Hendy Setion yang juga sukses di bidang entrepreneur

Melalui buku ini dan pengalaman mereka juga, kita bisa belajar banyak hal dan bagaimana cara agar kita menemukan passion yang pas dan kita sukai tentu saja. Belajar bagaimana cara mengatasi dan menghadapi di saat keputusasaan datang menghampiri. Kegagalan yang siap untuk menjemput usaha yang kita rintis. Menyerah disaat ide-ide yang kita keluarkan tidak mumpuni, namun semua masalah tersebut pasti akan terpecahkan dengan kita yang selalu optimis, kerja keras dan ikhlas yang juga diiringi dengan doa kita kepada Tuhan.

Secara keseluruhan buku ini sangat saya rekomendasi untuk teman-teman yang ingin menjadi seseorang yang lebih baik dari sekarang karena passion, dan ingin mengembangkan passion-nya menjadi lebih berguna tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk orang lain, buku ini sangat layak untuk dibaca. Karena sangat menginspirasi banyak orang. Apalagi dengan cara penyampaiannya yang enak dibaca, walaupun secara tidak langsung pertanyaan yang ditanyakan hampir sama, tidak membuat buku ini bosan untuk dibaca malah kebalikannya, saya dibuat ketagihan karena penasaran dengan jalan kesuksesan yang diraih oleh ke-10 orang tersebut.

Yuk kenali passion mu dan raihlah kesuksesan dengan passion ☺☺

R A T I N G


"Kerjakan apa yang kamu senangi, dan senangi apa yang kamu kerjakan." (hal. 26)

2 comments:

  1. bagus ini tentannh passion kadang masih suka bingung y ngarahin passion sendiri apalagi ngarahin passionnya anak šŸ˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kak, bener bangett...
      Alhamdulillah juga aku selesai baca buku ini dapat pencerahan (udah nggak bingung lagi yg mana yg harus diutamakn terlebih dahulu)..

      Rekomended bangett deh pokoknya. WAJIB baca ^-^

      Delete