Tuesday, 20 June 2017

BOOK REVIEW | PEJUANG GELAR: Lama Kuliahnya, Mahal Biayanya, Nganggur Setelah Wisuda - IZADIAN ZAINI FAHROJI


Judul Buku : Pejuang Gelar: Lama Kuliahnya, Mahal Biayanya, Nganggur Setelah Wisuda
Penulis : Izadian Zaini Fahroji
Penerbit : Elex Media Komputindo
Jumlah Halaman : 120 halaman
Terbit : Agustus 2015
ISBN :
Harga Buku : IDR. 37.440 (20% OFF Bukabuku.com )


BLURB :

Sudah kuliahnya lama, bayarnya mahal, habis wisuda susah sari kerja! Kamu pasti setuju bahkan mungkin kamu sendiri malah mengalami kejadian itu. Yap! Lulus kuliah dan menjadi sarjana tentu merupakan kebahagiaan. Satu beban lepas! Iya, hanya satu! Masih banyak “beban” lain yang menanti kamu di masa depan. Mencari kerja tentu menjadi tantangan yang susa-susah gampang untuk ditaklukkan. Nah! Dalam buku ini kamu akan mendapatkan tip-tip aplikatif yang sudah terbukti untuk menaklukkan tantangan-tantangan setelah kamu lulus bahkan sejak kamu masih kuliah. Untungnya lagi, kamu bisa mendapatkan bonus total senilai lebih dari satu juta rupiah! Jadi, tunggu apalagi? Segera miliki buku ini agar tidak bernasib sama!
Yang akan kamu pelajari di buku ini:
  1. Menghindari sedini mungkin jebakan pola mahasiswa abadi: lama kuliahnya, mahal biayanya, nganggur setelah wisuda
  2. Mengetahui cara diterima kerja di mana saja yang disukai sebelum wisuda
  3. Menghindari kesalahan yang terpola: sudah tahu cari kerja susah, kok masih mau mengulanginya
  4. Mengetahui cara membuka lowongan pekerjaan (bukan melamar pekerjaan) setelah lulus kuliah
  5. 5 keuntungan merintis bisnis selagi kuliah
  6. Cara membangun bisnis nyaris tanpa modal bahkan dimodalin oleh pelanggan
  7. .7 kunci sukses bisnis selagi kuliah

"Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum, kecuali kamu itu sendiri yang mengubah apa yang ada pada diri mereka sendiri."

Kilas Balik Pejuang Gelar

Membaca buku ini mengingatkan aku kepada salah satu motivator yang sukses membuat aku tak berkedip dan selalu angguk-angguk kepala setiap beliau memberi motivasi kepada mahasiswa di salah satu seminar di kampusku (sekitar tahun 2012 kalau tidak salah). Jikalau buku yang dibimbing oleh Penulis Izadian ini menggunakan judul 'Pejuang Gelar', berbeda dengan motivator (yang aku bilang sebelumnya) satunya lagi, beliau menggunakan judul bukunya dengan kalimat sindiran 'Jangan Kuliah! Kalau Gak Sukses'. Gimana?? Jlebb bangett kan judulnya, hehehehe.. (Yang pernah baca buku beliau pasti kenal sama penulis sekaligus motivatornya)

Okee, kembali lagi aku ngebahas tentang Pejuang Gelar..

Melihat pemaparan penulis di dalam buku ini, sangat sesuai dengan judulnya yang sangatmenarik perhatian. Gimana tidak? Lama kuliahnya. Mahal Biayanya. Nganggur Setelah Wisuda. sepertinya ini sudah makanan sehari-harinya para mahasiswa. 

Pada umumnya mahasiswa dan masyarakat di sekitar kita juga, sudah tersihir dengan pola pikir lulusan Cumlaude yang selalu diidentikkan dengan otak cemerlang, prestasi akdemik yang luar biasa, prestasi akademik yang huruf C pun enggan untuk mampir, dan tentu saja prospek kerja yang katanya sudah menanti di depan sana. Mungkin saja sebagian benar adanya dan ada juga yang mengalaminya, dan tentunya tidak semua yang lulusan Cumlaude mengalami hal serupa bukan!

Nah, melalui buku ini penulis mencoba membuka mata dan pikiran 'siapa pun' terutama untuk kalangan mahasiswa tentunya yang masih dalam tahap masa study-nya atau pun yang akan memasuki jenjang pendidikan di perguruan tinggi untuk mencoba peruntungan selain belajar dan belajar tentunya untuk berwirausaha atau kuliah nyambil kerja. 

Mencari pekerjaan bukan hanya untuk mereka-mereka yang sudah di wisuda dan punya Ijazah S1 dan sebagainya. Bagi mereka yang sedang belajar pun bisa untuk melakukan pekerjaan 'apa pun' dan halal. Nah, dibuku ini sendiri siapapun yang membacanya pasti akan merasa tergerak hatinya untuk melakukan sesuatu yang kecil terlebih dahulu sebelum melakukan hal yang lebih besar. 

"Jika tahu mencari pekerjaan sulit, mengapa tidak kamu saja yang membuka lapangan kerja?"

Tidak ada larangan bagi kita untuk menjadi seorang pengusaha. Bahkan di luar sana anak kecil pun sudah memiliki usahanya sendiri tanpa ia harus menunggu jenjang pendidikannya yang tinggi - kuliah. Bagaimana dengan yang sudah kuliah? Sudah sepatutnya untuk berani mengambil keputusan sedini mungkin jangan menunggu setelah wisuda, tapi mulailah dari sekarang (dari awal menginjaki dunia perkuliahan -terutama). Jangan terlalu cepat untuk menyerah dan beranggapan jika dunia ini sulit untuk di takluki.

"Percayalah bahwa dunia tidak sekeras itu. Kalau kamu menganggap kehidupan itu sulit dan keras, itulah yang akan kamu dapat. Kalau kamu beranggapan dunia itu indah, maka kamu akan temukan begitu banyak hal yang bisa kamu syukuri, hal yang bisa membuatnya indah."

Di dalam buku ini terdapat 7 bagian yang masing-masing di dalamnya punya tips-nya sendiri untuk mencapai hal tersebut. Tidak perlu yang muluk-muluk untuk menjadi seorang yang sukses tapi mulailah dari hal yang terkecil pun pasti akan menghasilkan sesuatu yang besar nantinya. Dengan kunci kesabaran, keteguhan, gigih, dan berusaha keras untuk mencapai yang terbaik - pastinya. 

Selain tips dan cara-cara mutu untuk mendapatkan pekerjaan dan juga berwirausaha, di dalam buku ini kita akan mendapati beberapa pengusaha sukses yang ternyata di kehidupan mereka (sebelum suskes) tidak sekaya sekarang, malah ada dari mereka yang awalnya hanyalah seseorang yang bukan siapa-siapa. 9 Tokoh Dunia yang Sukses Nyaris tanpa Modal, beberapa di antara mereka adalah Walt Disney (seorang kartunis), Conrad Hilton (pendiri jaringan hotel Hilton), dan termasuk JK. Rowling salah satu nama penulis yang bagi #BookLovers pasti sudah tidak asing lagi bagaimana kehidupannya sebelum terkenal dengan buku series Harry Potter-nya

Well, buku ini sangat aku rekomendasikan untuk dibaca bagi kalangan mahasiswa 'terutama' agar tidak ada penyesalan setelah di wisuda nanti sekaligus menghindari yang namanya duduk gratis alias pengangguran. Dan bagi yang sudah wisuda tidak ada salahnya juga jika ingin membaca buku ini dan ingin mempraktikkan tips-tips yang ada di dalam buku ini yang patut di acungin jempol. 

"Menjadi pengusaha besar atau pengusaha kecil adalah mindset yang dapat mempengaruhi capaian-capaian kita. Berpikirlah menjadi pengusaha besar karena pikiran kita akan mencari cara mencapainya.

"Masa depan adalah milik mereka yang percaya dengan keindahan mimpi-mimpi mereka" - Eleanor Roosevelt

R A T I N G


No comments:

Post a Comment