Wednesday, 19 April 2017

BOOK REVIEW | ACCIDENTAL FATHER - DAHLIAN


Judul Buku : Accidental Father
Penulis : Dahlian
Editor : Alit Tisna Palupi
Proofreader : Tharien Indri
Desainer Sampul : Levina Lesmana
Penata Letak : Gita Mariana
Penerbit : Roro Raya Sejahtera (Imprint Twigora)
Cetakan Pertama, Januari 2017
Tahun Terbit : 2017
Format Buku : Paperback
Tebal Buku : 14 x 20 cm
Jumlah Halaman : ii + 422 halaman
ISBN : 978-602-60748-1-2
Harga Buku : IDR. 85.000 di BukaBuku.com 






Tagline 

Bagian terburuk dari patah hati bukanlah kesepian, melainkan karena berhenti diingat oleh seseorang yang tak pernah bisa kau lupakan.

BLURB :


"Love is hard as hell,
and relationship is a nightmare."

Dominique memutuskan untuk menutup rapat-rapat hatinya dari cinta.
Dia kini hanya mendambakan anak, tapi tidak menginginkan suami.
Meskipun terdengar absurd, di dalam kepala perempuan itu
malah terasa sangat masuk akal. Dia hanya perlu mencari 'calon ayah'
yang potensial, hamil, lalu membesarkan anak itu seorang diri.
Dan ketika bertemu dengan Reynand, Dominique sadar dirinya
sudah menemukan kandidat yang tepat.

Saat mendapati dirinya sudah berhubungan terlampau jauh dengan Dominique, Reynand merasa harus bertanggung jawab. Dia juga tak akan memaafkan dirinya kalau sampai membiarkan perempuan itu menanggung konsekuensi perbuatan mereka seorang diri. Di mata laki-laki itu, orang yang memutuskan untuk lepas dari tanggung jawab dan membiarkan darah dagingnya sendiri menjadi anak haram tak lebih dari seorang pengecut.
Namun, ketika memutuskan melamar Dominique... 
dia langsung ditolak mentah-mentah saat itu juga.

Reynand langsung memikirkan strategi baru: dia harus
membuat Dominique jatuh cinta padanya. Dia sadar ini adalah
misi yang sulit, mengingat perempuan itu membangun dinding tinggi
dan kokoh di sekitar dirinya. Namun, perasaan sayang yang meluap-luap
pada Dominique membuatnya enggan untuk lekas menyerah. 
Mampukah Reynand menaklukkan perempuan berhati
sekeras karang itu? Berhasilkah Reynand membuat Dominique
menyadari bahwa cinta bukan sekadar emosi, melainkan juga janji
untuk menjaga hati satu sama lain?

Informasi Lebih Lanjut bisa di baca 
Goodreads / Twigora.com 



ACCIDENTAL FATHER by DAHLIAN

"Apa lagi yang bisa gue lakukan untuk bisa punya anak?" jawabnya santai.
"Menikah, Dom. Getting married - kalau lo belum pernah menemukan kata nikah di kamus bahasa Indonesia!" pekik Diana, frustasi. 
hal. 41)

Melihat wajah ceria keponakannya, membuat Dominique ingin segera memiliki buah hatinya sendiri. Ia sangat ingin merasakan mengandung selama 9 bulan, kerepotan membawa perut bulat berisi janin dan lain-lainnya. Tapi melihat situasi dan kondisi Dominique yang tak ingin menikah yang diakibatkan oleh kejadian di masa lalu –pertama Zach, calon suaminya yang meninggal sebelum dua bulan pernikahan mereka. Kedua Alfian, yang ternyata berselingkuh di belakangnya- yang menurutnya sudah menjadi kutukan sial bagi dirinya dan yang akan menjadi pasangannya. Tiba-tiba saja terbersit ide gila Domi yang ingin mengandung (hamil) tapi tidak dengan menikah. Pada awalnya Diana, kakaknya tentu saja tidak setuju dengan keputusan Domi, namun melihat dari sisi Domi dan masa lalunya juga pernikahannya sendiri, mau tidak mau akhirnya Diana dengan terpaksa menyetujuinya dan mendukung apa pun yang menjadi keputusan Domi. Asalkan Domi sudah siap dengan segala resiko yang akan dihadapinya nanti.

“Tinggi, tampan, dan berkepribadian baik. Oh ya, yang terpenting, profesinya nggak boleh bersinggungan dengan profesi gue.”

Untuk melancarkan aksinya, Domi memerlukan kandidat yang tepat untuk calon janinnya yang tentunya harus yang berasal dari kandidat yang potensial. Samuel, pacarnya sangat tidak masuk dalam kategori tersebut, karena jelas Samuel yang pemakai narkoba akan merusak dan memberi pengaruh yang buruk terhadap calon anaknya nanti.

“Saya memang vegetarian. Tapi, saya juga pengin orang-orang yang nggak suka makan sayur, masih bias menikmati masakan yang menggunakan sayuran. Jadi, sekalian saja saya bikin restoran vegan dan vegetarian.” (hal. 100)

“Pantas saja restoran ini langsung jadi favorit para model. Bias makan enak, tanpa perlu takut gendut.” (hal. 100)

Profesi Domi yang seorang fotografer terkenal dan juga memiliki Dom’s Studio mau tidak mau selalu berurusan dengan dunia permodelan. Suatu hari di saat ia sedang menghadiri pesta ulang tahun salah satu model favoritnya di Roots Vegan & Vegetarian Restaurant ia bertemu dengan orang yang dikiranya adalah tukang parkir –dipertemuan pertama mereka. Dan satu informasi baru yang didapatnya adalah orang tersebut yang ternyata bernama Reynand adalah seorang chef sekaligus pemilik restaurant. Melihat penampilan dan profesi Reynand tiba-tiba saja idenya muncul dan menargetkan Reynand untuk menjadi kandidat potensialnya untuk hamil. Niat ingin meminta maaf atas tuduhannya di pertemuan sebelum mereka –Domi berinisiatif untuk mendekati dan mengajak berkenalan Rey, tiba-tiba Domi dikejutkan dengan kehadiran Clara seorang model yang ’sangat’ tidak disukai Domi dan lagi informasi bahwa Reynand telah bertunangan dengan Clara.

Prinsip Domi tidak akan pernah mengganggu hubungan orang lain atau berniat merebutnya. Tapi melihat siapa tunangan Reynand membuat semangat dalam diri Domi bangkit. Domi tidak akan merebut Rey dari Clara ia hanya akan meminjamnya sebentar. Dengan bantuan Diana dan melibatkan urusan pekerjaan yaitu pemotretan majalah untuk Reynand, ternyata rencana mereka berhasil. Namun hasil yang diinginkan Domi yaitu hamil tidak berhasil. Belum lagi Rey yang tiba-tiba muncul dan mengajaknya menikah karena merasa bersalah dan bertanggung jawab di tambah lagi karena didikan orang tuanya yang sangat menghargai perempuan membuat Rey nekat mengajak Domi menikah. Domi yang merasa semuanya baik-baik saja dan tidak mempermasalahkan apa yang sudah terjadi di antara mereka tentu saja sangat terkejut dengan ajakan Rey. Domi langsung menolak mentah-mentah ajakan menikah Rey saat itu juga karena memang Domi tidak ingin dan tidak akan pernah menjalin hubungan yang namanya pernikahan. Apalagi dengan status Rey yang sudah bertunangan.

“Kamu harus selalu ingat. Kamu punya adik perempuan.Baagaimana perasaan kamu jika Alya yang diperlakukan dengan tidak hormat oleh laki-laki?” (hal. 12)

Melihat kegigihan Rey untuk mengajaknya menikah membuat Domi tidak lagi menginginkan kehamilan. Hingga pertemuan mereka selanjutnya di reuni SMA yang tidak di sangka Domi yang ternyata mereka dulu pernah sekelas. Dan pembahasan dengan teman-teman SMA-nya yang hanya seputaran menikah dan anak membuat Domi merasa di pojokkan karena statusnya yang memang belum menikah dan lagi umurnya yang tak lagi muda. Namun tanpa di sangka-sangka Rey malah membela Domi di depan teman-teman SMA-nya. Melihat perlakuan Rey terhdapnya membuat Domi merasa bersalah atas kata-katanya saat menolak ajakan Rey dulu. Hingga tanpa di sangka-sangka, setelah pulang dari acara reuni tersebut hubungan mereka tanpa mereka sadari telah menerbitkan sesuatu yang membuat salah satu pihak mulai tidak nyaman dan menganggapnya sebagai angin lalu. Sedangkan satu pihak yang lain, sudah menyadarinya bahkan semenjak SMA, hanya saja sikap malu-malunya lah yang membuatnya semakin rumit dan lambat.

Melihat sikap dingin Domi yang tidak ingin menjalin hubungan pernikahan dengannya, membuat Rey dengan sifat pemalunya itu terus berpikir keras rencana yang akan dilakukannya untuk meluluhkan hati Domi. Di satu sisi pihak Ibunya yang terus mendesaknya dengan acara pertunangannya dengan Clara yang hanya tinggal menghitung hari membuatnya semakin jengah dan mulai bimbang dengan keputusan yang akan di ambilnya. Apalagi ini menyangkut dengan masa depannya sendiri.

Siapa yang akan dituruti Rey, keinginan sekaligus permintaan ibunya yang selama hidup Rey baru pertama kalinya meminta sesuatu padanya – pertunangannya dengan Clara? Atau Rey akan mengikuti kata hatinya, untuk terus berusaha mengejar dan meyakinkan Domi untuk mengiyakan ajakan menikahnya?

Bagaimana dengan rencana Dominique yang ingin hamil dan punya anak dari rahimnya sendiri, apakah akan berhasil? Dan bagaimana dengan kutukan sial yang dipercayai Domi akan terjadi pada orang yang menjadi pasangannya apakah terbukti?

***

Accidental Father mengangkat tema tentang seorang perempuan yang mapan yang menginginkan anak tapi tidak ingin menikah. Tema yang unik dan ini pertama kalinya aku membaca cerita dengan tema seperti ini. Gimana yaa situasinya, jika dikehidupan nyata ada yang seperti Dominique ini yang menganggap dua masa lalu yang menimpa dirinya adalah kutukan (?). Karena takut dua kejadian itu terulang lagi dan keinginannya untuk punya anak, akhirnya Domi memutuskan untuk punya anak saja tapi tidak perlu menikah. Hanya perlu cari calon kandidat yang potensial supaya bisa membuatnya hamil, setelah itu selesai.

Accidental Father ini diceritakan dari sudut pandang POV 3 secara bergantian antara Dominique dan Reynand. Di setiap pergantian pov-nya walaupun tidak menggunakan pembatas atau tanda tidak membuat siapapun yang membacanya akan kebingungan. Karena ada perbedaan yang tak kasat mata di saat pergantian bagian Reynand dan bagian Dominique. Menggunakan alur cerita maju (walaupun ada beberapa flashback di bagian tertentu menceritakan kisah masa lalunya Dominique dan Reynand terkait tragedi keluarganya) dan bahasa yang digunakan juga ringan dan tidak bertele-tele. Semuanya terasa pas dan mengalir. Dan lagi interaksi antar tokoh utama dan peran pendukungnya terutama pada Diana ada bagian-bagian yang cukup menghibur.

Untuk konflik ceritanya masih tergolong ringan (menurut aku sih), karena keterlibatan orang ketiga hanya sebentar –seperti angin lalu. Permasalahan utama di dalam novel ini lebih kepada penyelesaian yang menjadi problem dalam hidup Dominique.

Yang menjadi bagian favorit aku di dalam novel ini adalah adanya karakter anak kecil. Aku suka sekali setiap novel yang memunculkan karakter anak kecil seperti Sasha (anaknya Diana). Sikap polos dan blak-blakannya, dan keterus-terangannya dalam berbicara kadang membuat aku gemas sendiri saat membacanya. Dan lagi profesinya Dominique yang seorang fotografer yang handal dapat memberi warna lain di dalam novel ini tentu saja selain kisah pertualangannya Domi untuk bisa hamil tanpa suami. Menjadi seorang fotografer sangatlah tidak mudah tentu saja. Apalagi model yang menjadi objek fotonya benda hidup yang kadang ceriwis, susah di atur, banyak maunya juga, dan suka semena-mena juga dengan fotografernya. Dan tak urung juga malah sebaliknya. Apalagi saat Domi melakukan pemotretan dengan modelnya si chef Reynand yang badannya seperti patung mumi yang menumpang di dalam tubuh manusia dengan senyum kaku dan mematuhi semua arahan dari Domi tanpa protes seperti bawahan dan atasan, apa yang di suruh langsung nurut (maklum sih Reynand juga bukan model yang professional dan lagi sikap gugupnya yang 'luar biasa' banget karena di fotoin sama pujaan hati). Hehehe.

Untuk karakter favorit aku menyukai karakternya Reynand. Siapa sih yang tidak menyukai cowok tampan, mapan, punya restaurant dari keluarga terpandang, baik hati rajin menabung (?) *eehh?, mempunyai sifat malu-malu yang kadang bisa bikin diabetes pembaca sangking gemasnya. Dan yang jadi poin penting, nurut sama orang tua dan melaksanakan semua ajaran ortunya terutama dari sang Ayah (ini sudah jelas terbukti dari cara Reynand berusaha keras untuk bertanggung jawab walaupun sudah ditolak berkali-kali). Bisa dibilang Reynand ini versi alim laki-laki zaman sekaranglah.

Untuk endingnya, aku merasa terlalu cepat (sepertinya). Tidak adanya proses yang tiba-tiba saja sudah diiyakan aja. Maunya kan ada sedikit usaha lebih lagi, biar akunya pun jadi lebih puas. Heheheh... Puas dengan ending maksudnya ☺.

Membaca novel ini mengajarkan aku tentang bahwasannya suatu hubungan itu bukan di tentukan dari apa yang sudah terjadi di masa lalu. Karena masa lalu terjadi bukan untuk mempersulit jalan hidup kita ke depannya, tapi masa lalu terjadi bisa jadi hanya untuk bagian figuran dalam hidup kita sebelum kita bertemu dengan bagian utama di dalam masa depan. 
Jadikan masa lalu itu sebagai pembelajaran untuk hidup kita ke depannya.

Overall, novel ini manis semanis senyum malu-malunya Reynand sampe akunya aja dibuat diabetes. Dan bagi kamu yang sedang mencari cerita romance dengan tema yang unik aku rekomendasikan novel ini dehh untuk jadi reading list kamu selanjutnya.

R A T I N G


No comments:

Post a Comment