Sunday, 5 February 2017

BOOK REVIEW | Solely You : Misteri dan Keajaiban Cinta by Guntur Alam


SOLELY YOU
Penulis : Guntur Alam
Editor : Ratna Kusumastuti
Penerbit : Elex Media Komputindo
Jumlah Halaman : viii + 276 hlm
ISBN : 978-602-02-0785-8

Book Sinopsis :

Apa kamu pernah merasa bersalah begitu bersalah? Perasaan bersalah yang mengejar hingga kamu merasa tak akan pernah bisa memaafkan dirimu sendiri. Tapi cinta tidak begitu, kata orang-orang terdekatmu, juga kata sahabat terbaikmu. 

Sayangnya, semua sudah terlambat bagiku ....

Sebuah kecelakaan membuat pemuda dan gadis tersohor yang sedang naik daun koma selama berbulan-bulan. Mereka tidak saling mengenal, namun entah apa yang direncanakan semesta, saat sang pemuda siuman tubuhnya ternyata tertukar dengan tubuh sang gadis. Keduanya pun tak bisa menuntaskan misi, demi mengungkapkan rasa sayang mereka pada orang yang terkasih ....

Dan adakah yang tahu cara meredam rindu? Hingga rindu itu bisa tersimpan demikian rapi, tidak mengejarmu, tidak pula mengaduk-aduk isi hatimu? 

Andai ada yang tahu caranya, aku ingin sekali orang itu mengajariku ....

Baca juga ya... BOOK QUOTES | Solely You - Guntur Alam


Solely You (Misteri dan Keajaiban Cinta)

"... . Cinta itu harus diperjuangkan." - Diary Fanny (hlm. 67)

Selayaknya cinya yang butuh diperjuangkan. Hidup juga harus di perjuangkan. Sepahit apa pun masalah, sesuram apa pun hidup yang sedang kita alami. Seperti itulah tokoh utama dalam novel ini memperjuangkan hidup dan cintanya, walaupun ia sendiri sedang terjebak di dalam tubuh seorang perempuan, tanpa ada yang mengenalinya, bahkan keluarganya sendiri.

Semuanya berawal dari pertengkarannya dengan Via, kekasihnya. Karena informasi yang di dapat dari temannya, Risya, Tio melihat Dika dan Via sedang berjalan berdua di sebuah Mall dan Tio menuduh kalau Via berselingkuh dengan Dika, sahabat dekatnya. Kemarahan sangat menguasainya kala itu, hingga Tio pun memutuskan hubungannya dengan Via begitu saja.

"... Ketika kita telah kehilangan semuanya, kita baru merasa, betapa hal itu sangat berguna bagi kita. Betapa kita merindukan semuanya. ..." - Tio (hlm. 26)

Mendengar kejadian itu, Rafael sahabatnya yang lain menjelaskan kalau Tio hanya salah paham. Dika dan Via saat itu ingin membeli hadiah ulang tahun untuk Tio tanpa sepengetahun Tio. Karena sahabat-sahabat Tio sedang merencanakan kejutan untuk Tio. Penjelasan itu membuat Tio sangat menyesal dan merasa bersalah kepada Via. Dan ia sangat menyesal karena dengan mudahnya termakan hasutan informasi dari Risya. Ntah apa tujuan Risya yang sebenarnya.

Saat yang bersamaan, Tio mendapat informasi kalau Via memilih berlibur ke Palembang untuk menenangkan dirinya. Hal itu menambah rasa penyesalan Tio terhadap Via, karena membuat Via menyalahkan dirinya sendiri. Demi mengejar dan ingin bertemu Via sebelum lepas landas, Tio memacu motornya begitu cepat hingga tiba-tiba di perempatan jalan, arah yang berlawanan muncul pengendara sepeta motor yang lain hingga tanpa sadar Tio telah menimbulkan tabrakan antara keduanya. Waktu itu Tio sudah tidak sadar, karena benturan keras yang di alaminya hingga Tio koma berbulan-bulan di rumah sakit.

Orang tuanya sangat sedih melihat kondisi anaknya. Bahkan sahabat-sahabatnya pun merasa kehilangan. Dan Via semakin menyalahkan dirinya sendiri karena apa yang menimpa Tio hingga koma. Hingga suatu hari, tepatnya 3 bulan setelah koma, Tio tiba-tiba sadar. Namun semuanya terasa berbeda. Orang-orang disekelilingnya bukan keluarganya. Tapi Tio merasa yakin kalau dirinya itu adalah Agusti Pratama. Hingga Tio sadar kalau sesuatu telah terjadi pada dirinya sendiri. Semua orang mengenalnya dengan Fanny, cewek terkenal yang sedang naik daun kala itu. Bahkan keluarga dan sahabatnya pun mengenalnya dengan Fanny.

Apa yang terjadi? Benarkah jiwanya tertukar dengan Fanny? Lalu kemanakah jiwa Fanny?

Di ruang perawatan lain, Tio melihat orang tuanya tidak pernah berhenti berdoa demi kesembuhan dirinya. Hal itu membuat Tio sadar kalau Tio harus ikhlas menjalani apa yang terjadi. Selagi ia menjadi sosok seorang gadis, ia akan berusaha mencari cara agar bisa kembali ke tubuhnya sendiri dan menyelesaikan kesalahpahaman dan penyesalannya dengan Via.

Apa yang akan dilakukan Tio untuk bisa kembali ke tubuhnya yang asli? Bagaimana cara Tio menjalani hidupnya di tempat asing bahkan keluarga yang tidak ia kenal? Apakah Tio akan berhasil menyelesaikan masalahnya dengan Via? Dan apakah Tio akan berhasil kembali ke keluarga dan sahabat-sahabatnya?

"Dan adakah yang tahu cara meredam rindu? Hingga rindu itu bisa tersimpan demikian rapi, dan mengejarmu, tidak pula mengaduk-aduk isi hatimu?"

Solely You - Guntur Alam

Pertama kali baca sinopsisnya, langsung ingat ke Drama Korea "Secret Garden". Itu lohh yang peran utama cowok-cewek nya tertukar jiwa. Cuma bedanya dengan novel Solely You-nya Guntur Alam ini, hanya Tio saja yang sadar kalau jiwanya tertukar. Sedangkan Fanny-nya nggak tahu kemana, dan disini juga yang membuat saya penasaran dari awal Tio masuk ke tubuhnya Fanny, tapi Fanny-nya ntah kemana. Maunya (menurutku) penulis membuat sisi cerita dari Fanny. Nggak harus sama-sama tertukar, mungkin Fanny-nya nyasar nggak tahu jalan kembali, atau arwahnya Fanny ikut gentayangan aja gitu. hehehe..

Ini kali pertama saya berkenalan dengan karyanya Guntur Alam. Dan untuk pertama kalinya juga, saya dibuat terkagum-kagum dengan alur cerita Solely You ini. Apalagi novel ini di ceritakan dari sudut pandang cowok utamanya loh (si Tio) dengan menggunakan POV 1. Jadi bisa kebayang dong gimana perjuangannya Tio untuk bisa keluar dan kembali ke keluarganya. 

Kalau menurut saya sih, penulis sangat berhasil menyajikan teka-teki di dalam novel ini sehingga membuat pembaca sangat penasaran (terutama saya sendiri). Melalui sosok Tio yang sedang koma namun terjebak di tubuh seorang perempuan. Tio yang berjuang demi hidupnya, demi cintanya, Tio sangat berusaha keras untuk bisa kembali ke tubuhnya. Dan pembaca akan diajak berpetualang menyelami kisah-kisah yang penuh perjuangan seorang Tio serta kisah romantisme kehidupan remaja. Sebuah kisah yang tidak biasa. Dan penulis berhasil memasukkan unsur-unsur misteri dan psikologi ke dalam novelnya. Alur dan bahasanya juga ringan, sehingga akan mudah dipahami oleh pembaca, tanpa harus mengerutkan kening.

Untuk karakter favorit saya adalah Tio, si tokoh utama yang berperan penting dalam novel ini. Tio yang sedang koma, namun jiwanya tersesat ke dalam tubuh Fanny. Tio yang berjuang mencari cara agar bisa kembali ke tubuhnya, dan berkumpul lagi dengan keluarganya tidak pernah putus asa. Dan karena cintanya kepada Via membuatnya nekat untuk mengaku kalau di tubuh Fanny adalah Tio bukan Fanny. 
Kisah Tio ini sangat menginspirasi banget. Tidak hanya perjuangan terhadap cintanya saja, tapi perjuangan untuk bebas. Dan yang membuat saya salut adalah Tio menyesuaikan dirinya dengan sifat Fanny sehari-hari. Padahal jelas-jelas kadang dia merasa jijik dengan dirinya yang harus bersikap centil.

"Ada kalanya kita nggak bisa masuk dalam urusan pribadi seseorang, Io. Walaupun orang itu saudara kita sendiri. Mereka tetap butuh ruang privasi, kita hanya boleh berkunjung, ketika si empu ruang membukakan pintu pada kita." - Rafael (hlm. 100)

Tokoh lainnya yang saya suka adalah Rafael. Sahabat sekaligus tempat Tio untuk berkeluh kesah tentang hidupnya juga tentang asmaranya dengan Via. Rafael ini sosok yang dewasa, bisa menjaga rahasia. Makanya para sahabatnya seperti Dika dan Tio asal ada masalah pasti curhatnya ke Rafael. Dan yang sangat saya sukai dari Rafael adalah pada saat ia mengungkapkan rasa sukanya pada Fanny tapi di tolak (karena pada saat itu bukan Fanny yang sebenarnya, melainkan Tio), cara Rafael menerima penolakan itu (kereen banget, dewasanya terlihat), seperti bukan anak remaja yang sedang ditolak cintanya loh. 

Solely You, selain menyajikan cerita remaja yang berbeda dari ksah-kisah yang biasanya, novel ini juga banyak pesan moralnya loh, dua di antara banyak pesan moralnya adalah
> Ketika kita telah kehilangan seseorang, saat itulah kita sadar seberapa penting orang itu bagi kita.
> Seburuk apa pun kejujuran yang ingin kita sampaikan akan lebih baik, dibanding kebohongan yang sebaik apa pun kebohongan itu menurut kita sendiri.

Dan tidak lupa yang paling penting adalah kutipan-kutipan puitisnya yang romantis-romantis banget. Dijamin siapa pun yang membacanya pasti akan dibuat meleleh dan tersanjung. Karena kebanyaan kutipannya itu berkaitan dengan perasaan dan cinta. 
Penasaran?? Langsung capcuss (DISINI)

Overall, Bagi kamu yang sangat menyukai perjuangan kisah romantis dari seorang Tio, novel ini sangta saya rekomendasikan untuk jadi buku bacaanmu selanjutnya. 

Dan membaca Solely You ini menyadarkan saya bahwa perjuangan hidup dan cinta itu memang luar biasa. Dan juga tentang seberapa berharganya arti dari sebuah kepercayaan dari orang-orang terdekat kita. 


"Hal yang paling menyakitkan, adalah ketika kita kehilangan kepercayaan dari orang yang kita sayangi. Bahkan orang yang kita sayangi itu, justru termakan fitnah yang ada." - Via (hlm. 3)

R A T I N G


"... Aku mengejar orang-orang yang aku cintai. Ya, cinta yang membawaku kembali. Cinta dari mereka yang tulus mencintaiku." - Tio (hlm. 264)

No comments:

Post a Comment