Wednesday, 1 February 2017

BOOK REVIEW | Strawberry Cheesecake - Ayuwidya

STRAWBERRY CHEESECAKE 
(Yummylit Series)
Penulis : Ayuwidya
Penyunting : Hutami Suryaningtyas dan Dila Maretihaqsari
Perancang Sampul : Nocturvis
Ilustrasi Isi : Labusiam
Pemeriksa Aksara : Kiki Riskita Sari
Penata Aksara : Anik Nurcahyati & Martin Buczer
Diligitalisasi : R. Guruh Pamungkas
Penerbit : Bentang
Cetakan : Pertama, Februari 2016
Jumlah Halaman : iv 304 hlm
ISBN : 978-602-291-138-8

"Kamu milikku ...
sebentar lagi.

Baca juga seri Yummylit lainnya 
[BOOK REVIEW | DEESSERT - ELSA PUSPITA

Blurb : 
Selama menjadi artis terkenal, tantangan kali ini benar-benar mengusik Alana. Demi menarik simpati pujaan hatinya, Alana menerima tantangan itu. Reality Show membuat kue! Di sinilah petaka dimulai. Alana bisa melakukan apa pun, kecuali memasak! Kalau bukan karena Aidan, mana mungkin ia bersusah-susah melakukan ini.
Ia terpaksa berbohong di depan kamera, pura-pura mahir. Adonan menjijikkan, kue bantat, dekorasi mengerikan adalah hasil karya Alana selama proses syuting. Alana takjub dengan kemampuan Regan membuat kue. Karenanya, Alana membujuk Regan habis-habisan untuk mengajarinya.
Meski Regan galak dan menyebalkan, Alana terpaksa belajar darinya. Ia benci terlihat bodoh di depan Regan. Dan, yang paling tidak disukai Alana adalah ia benci harus menyangkal tunas-tunas perasaan yang tumbuh di hatinya, untuk Regan.

Baca juga ya... BOOK QUOTES | Strawberry Cheesecake - Ayuwidya



Kilas Balik Strawberry Cheesecake


Strawberry Cheesecake


Semua gara-gara Strawberry Cheesecake.

Aidan tiba-tiba saja mengajak Alana untuk berkunjung ke apartemennya, Dan Alana tidak menyia-nyiakan kesempatan begitu saja. Alana pun ke Orchid Cafe untuk membeli Cake (karena Aidan menyukai Cake terutama Strawberry Cheesecake), sayangnya persediaan cake yang diinginkan Alana sudah habis. Akhirnya Alana pun nyerah dan memilih cake lainnya (sebelumnya Alana juga sudah  berusaha keras untuk mendapatkan Starwberry Cheesecake dengan salah satu pengunjung di cafe tersebut yang kebetulan sedang merayakan ulang tahun bersama teman-temannya).


Aidan adalah seorang pesinetron yang digilai oleh Alana. Walaupun Alana sering membawakan cake kesukaan Aidan, Alana tidak pernah mendapat respon yang baik. Hingga muncul gosip yang menyatakan bahwa Aidan sedang dekat dengan Bianca (saingan Alana) membuat Alana makin gencar mendekati Aidan, Karena Binaca ahli dalam memasak.

Setiba di apartemen Aidan, ternyata Alana dikejutkan dengan kehadiran tim dari acara Selebrity Cake Show. Yang ingin menantang Alana untuk membuat kue langsung dengan tayangan siaran langsung. Alana? Tentu saja sangat terkejut, bahkan ia sangat syok dan ketakutan. Pilihan yang sulit sebenarnya, karena Alana sangat membenci berada di dapur. Alana lebih suka membahas hal-hal tentang fashion. Namun demi membuktikan kepada Aidan kalau Alana lebih pandai dalam membuat cake-cake yang enak (karena Aidan menyukai perempuan yang pandai memasak) dan juga demi gengsinya yang tinggi, akhirnya Alana mengiyakan ikut acara tersebut.


Selebrity Cake Show adalah tayangan khusus untuk menguji kemampuan selebriti yang bisa membuat kue. 

Karena tantangan memasak dari acara tersebut membuat Alana bertemu dengan Regan, cowok yang pandai memasak dan termasuk dari salah satu juri pertamanya. Regan pandai membuat kue. Demi menghasilkan kue yang enak dan baik, Alana memohon kepada Regan agar mau mengajarinya cara membuat kue yang benar.


"Ini untuk seseorang yang aku cintai. Apakah kamu tahu bagaimana rasanya itu? Melakukan sesuatu yang justru paling kamu benci untuk orang yang kamu cintai?" (Alana - hlm. 63)

Lalu bagaimana nasib kelanjutan Alana dan tantangannya di acara Celebrity Cake Show itu? Apakah hubungan Alana dengan Aidan akan ada kemajuan berkat acara tv tersebut? Dan bagaimana dengan guru memasaknya Regan, apakah berhasil?

Strawberry Cheesecake - Ayuwidya

"Mitosnya, kalau sepasang kekasih membagi double Strawberry kemudian memakan bagian masing-masing, cinta mereka akan kembali."
(Regan - hlm. 84)

Strawberry Cheesecake adalah salah satu dari series yummylit dari penerbit Bentang Pustaka. Dan novel ini juga menjadi kali pertama saya membaca karyanya Ayuwidya. Perkenalan yang manis dengan cerita yang manis. Secara keseluruhan saya menyukai ide ceritanya yang ringan dan simple. Penyampaian ceritanya dilakukan secara bergantian dengan menggunakan sudut POV yang berbeda antara Alana dan Regan. Dan Alana dan Regan mempunyai peran penting untuk menambah manisnya rasa dari Strawberry Cheesecake ini.

Seperti nama sebuah cake, Starwberry Cheesecake ini mempunyai panduan rasa manis dengan rasa asam yang melegit. Seperti itulah novel ini membawa saya berkenalan dengan tokoh-tokoh di dalamnya dengan berbagai karakter dan tingkah laku yang membuat saya langsung menamatkannya dalam sekali duduk (tentu saja tetap ada adegan saya, makan, minum, ke kamar kecil dan lain-lain).

"Apakah semua laki-laki mengukur kesempurnaan perempuan berdasarkan keahliannya di dapur?" (Alana - hlm. 13)

Demi orang yang di sukainya, Alana rela mempermalukan dirinya dan menyiksa diri di dapur demi bisa membuat cake. Padahal selama hidupnya Alana tidak pernah mau repot-repot mau berkenalan dengan isi dapur. Namun demikian, Alana tetaplah menjadi karakter favorit saya. Karena walaupun Alana melakukan semua tantangannya demi merebut perhatian Aidan, tapi kerja keras, dan kemauan Alana untuk belajar yang tidak pantang menyerah membuat saya kagum. Menurut saya sosok Alana lah yang membuat novel ini lebih hidup, dengan karakternya membuat siapapun yang membacanya pasti terhibur dan tertawa (termasuk saya). Saya sangat menyukai bagian saat Alana sedang memasak. Membayangkan seseorang yang memiliki sifat tidak sabaran sedang berada di dapur, betapa kacau masakan dan dapurnya. Dan saat Regan menyebut Alana siluman kucing (rasanya pengin tertawa keras ☺). Dan lagi Alana yang sangat membangga-banggakan mixer canggihnya, heheheh.

"Kamu bilang, kalau aku pergi berarti aku ninggalin kamu sendirian dalam kebohongan. Kamu bikin aku kayak orang jahat dengan kata-kata itu. Jadi, aku kembali. Aku sudah tahu bagaimana rasanya hidup dalam kebohongan dan akan lebih menyakitkan lagi kalau sendirian. Aku nggak tega kamu mengalami hal-hal seperti itu." (Regan - hlm. 159)

Sedangkan untuk karakter-karakter lainnya seperti Mauren yang memang sosoknya hanya sepintas lewat di cerita ini. Sedangkan AIdan dan Belinda hanya sekadar bumbu pelengkap untuk sedikit memicu emosi pembaca. Untuk konfliknya bagi saya sangat biasa-biasa saja, konflik ala-ala sinetron Ftv. Namun, walaupun konfliknya konflik ringan, tidak membuat novel ini membosankan saat dibaca, malah sangat asyik dan terhibur. Apalagi saat-saat Alana dan Regan bersama (siap-siap saja dibuat senyum-senyum sendiri) *so sweet.

Bagian yang paling menarik dan berkesan bagi saya adalah saat proses memasak antara Alana dan Regan. Di bagian penulis menjelaskan rincian apa-apa saja yang di perlukan sebelum memasak, dan cara olahan membuat cake yang benar. Benar-benar sangat rinci sekali. Jika saya mau mempraktikkannya pasti bisa, karena petunjuk dan cara-caranya yang dijelaskan di novel ini seperti saya sedang menonton tayangan memasak dari Chef di siaran telivisi ☺. Di novel ini juga saya mendapat pengetahuan baru tentang Cake, yaitu untuk Strawberry Sponge Cake yang dijuluki dengan nama Angel Cake. Ada juga Double Strawberry.

Yang membuat saya sangat penasaran setelah membaca novel ini adalah bagaimana dengan keluarganya Alana? Dari awal tidak di jelaskan, walaupun hanya sekilas. Yang di ceritakan hanya Alana seorang artis dan model, tinggal bersama bibinya di rumah. Memang sih keluarga Alana tidak berperan penting juga dengan isi cerita, hanya saja seperti miring sebelah, karena saya mengetahui kondisi keluarga Regan, tapi tidak dengan Alana. Kesuksesannya, kemandiriannya hidup sendiri, membuat saya bertanya-tanya, kemana keluarganya?

Oiya, novel ini juga banyak bertebaran kutipan-kutipan menarik dan penuh inspirasi lohh.. Yang penasaran dengan Book Quotes-nya langsung capcuss klik disini ☺.

Overall, saya sangat menikmati jalan ceritanya dari awal. Membuat saya sangat ingin mencicipi kue-kue dari hasil olahan tangannya Regan yang sangat menggiurkan (karena setiap cake yang dibuat Regan, saya selalu membayangkan bentuk dan cita rasanya). Apalagi di akhir cerita juga terdapat 4 resep gratis yang juga merupakan cake tantangan Alana di Selebrity Cake Show yang bisa di coba di dapur masing-masing.

R A T I N G


"Segala sesuatu yang terjadi pada kita karena sebuah alasan ... dan sesuatu itu pasti akan terjadi pada waktunya. Kita tidak bisa memperlambat atau mempercepatnya." - Kakek (hlm. 141)

4 comments:

  1. wah perlu aku baca nih, maaksih reviewnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Tara ^-^ ..
      Makasih juga krn sudah mampir.

      Rekomended bangett nihh

      Delete
  2. Wah ... makasih kakak, jadi ada nambah list mo beli buku

    ReplyDelete