Saturday, 28 January 2017

BOOK REVIEW | LOVING A BILLIONAIRE : Cinta Akan Menemukanmu - Dita Safitri

LOVING A BILLIONAIRE
Penulis : Dita Safitri
Penyunting : Dewi Widyastuti
Desainer : Vidya Praswitasari
Penata Letak : Dessy Tantri Mirasari
Penerbit : BIP
Terbit : September 2013
Jumlah Halaman : 436 hlm
ISBN : 978-602-249-273-3

Book Sinopsis :

Jihoon, seorang pria miliuner, merasa kepulangannya ke Korea berada di waktu yang salah. Dia harus berurusan dengan harabeoji, dan tak ada satu pun keluarganya yang sudi membantunya. Sialnya lagi, Hana, seorang wanita yang setengah mati dia rindukan, telah membuatnya hancur.


Saat suasana hati Jihoon sangat buruk, dia bertemu dengan Taeyeon, sosok gadis yang nyatanya mampu membuat Jihoon menjalani hidup lebih baik dan menjawab impiannya.

Apakah benar Jihoon berada dalam waktu yang salah?

Loving A Billionaire : Cinta Akan menemukanmu

Loving A Billionaire mengisahkan tentang seorang Han Taeyeon yang tiba-tiba di kehidupannya yang sangat sederhana dijodohkan dengan calon pewaris JP Group Park Jihoon tanpa alasan yang jelas. Apalagi perjodohan itu dilakukan oleh kakeknya Jihoon sendiri. Keduanya tentu saja sangat terkejut. Pertemuan mereka yang awalnya sangat ricuh dan tidak bagus, tiba-tiba harus berurusan dengan perjodohan dan pernikahan yang tidak diinginkan keduanya selama jangka waktu 3 bulan. Sehingga mereka memutuskan untuk membuat perjanjian pranikah.


"Ini bukan pernikahan sungguhan. Ini adalah pernikahan pemecah masalah. Kamu bisa mendapatkan uang sebanyak yang kamu mau, dan aku akan terbebas dari tuntutan kakekku. Bagaimana adilkan?" - Jihoon (hlm. 64)

Bagi Taeyeon uang adalah segala-galanya baginya. Apalagi dengan kebutuhan keluarganya sendiri dengan kondisi ibunya yang membutuhkan sangat banyak uang membuat Taeyeon rela melakukan apapun, termasuk menyetujui semua hal tentang perjodohan itu termasuk isi perjanjian pranikahnya dengan Jihoon. Sedangkan Jihoon, demi mendapatkan kebebasan dari kakeknya, tidak mempermasalah perjodohannya. Yang penting di antara Jihoon dan Taeyeon nantinya tidak mencampuri urusan orang lain. Tapi, apakah mereka akan tetap tidak mencampuri urusan orang lain, di saat masalah dan rahasia keluarga masing-masing perlahan terungkap?

Di saat kehidupan pernikahannya mulai membaik dan perasaan nyaman satu sama lain di antara mereka berdua mulai terbentuk, tiba-tiba Jihoon dibingungkan dengan masalah kesalahpahamannya yang melibatkan Jung Hana seorang penyanyi terkenal. Gosip mulai menghubung-hubungkan keduanya punya ikatan hubungan kekasih. Di saat Jihoon melakukan konferensi pers Jihoon pun mengakui dengan tegas kalau Jihoon memang mencintai Hana sejak lama. Bagaimana dengan Hana, apakahn Hana akan menerima pengakuan Jihoon? Lalu bagaimana dengan nasib pernikahan Jihoo dan Taeyeon? Apa tanggapan Taeyeon terhadap berita yang lihatnya sedang menayangkan pengakuan cinta Jihoon terhadap Hana?

Di sisi lain, ada Jonghyun yang merupakan sepupunya Jihoon, sekaligus mantan pacarnya Hana. Jonghyun memutuskan hubungannya dengan Hana tanpa alasan yang jelas. Saat pertemuan pertamanya dengan Taeyeon dan terkejut dengan berita perjodohan yang dilakukan kakeknya, Jonghyun memutuskan untuk berteman dengan Taeyeon. Dan kedekatan pertemanan mereka mulai membentuk suatu rasa di hati Jonghyun. 

Bagaimana akhir dari semua kisah mereka akan berakhir nantinya? Di saat semuanya sudah di tempat yang seharusnya, tiba-tiba masa lalu yang sangat mengejutkan menghancurkan mereka semua. 

"Cinta itu tidak akan pernah menyakiti, kan? Tapi, kenapa bagiku rasanya menyukai seseorang itu sangat menyakitkan?" - Han Taeyeon (hlm. 247)

Loving A Billionaire - Dita Safitri

Membaca novel Loving A Billionaire ini seperti sedang menonton kisah Drama Korea. Benar-benar Korea banget deh, ditambah lagi dengan setting-nya, dan nama-nama tokohnya semuanya Korea (mungkin karena penulisnya pecinta Korea juga). Dari awal membacanya saya sudah beranggapan 'ohh ini pasti bakal seperti ini dan itu'. Namun, saat-saat di pertengahan dan konfliknya pun mulai panas dan lumayan rameai. Kenapa saya menyebutnya Ramai? Karena tidak hanya sang tokoh utamanya saja yang mengalami konflik, tapi tokoh-tokoh pendukungnya pun punyak konfliknya masing-masing, makanya saya bilang kalau konflik di novel ini lumayan ramai.

Novel ini sangat seru dari awal cerita hingga akhirnya. Walaupun temanya tentang perjodohan dan ada keterlibatan cinta segi tiga juga. Semuanya membuat novel ini lebih berwarna dan seru. Karena kisahnya tidak hanya melibatkan tokoh utamanya saja, tapi masih ada banyak tokoh-tokoh lainnya yang ikut mewarnai dan menambah keseruan di saat membaca novel ini. 


"Semua seperti sebuah cerita drama yang begitu menyakitkan untuk menjadi kenyataan. Kenyataan yang saat ini justru terjadi pada keluarganya sendiri." - Jihoon (hlm. 408)

Hubungan Han Taeyeon dan Jihoon tidak hanya melibatkan mereka berdua saja. Tapi ada Jonghyun dan Hana di tengah-tengah mereka yang kadang-kadang membuat saya kesal juga saat sedang asyik-asyiknya, tiba-tiba muncul semacam hama - perusak hubungan orang. Kekacauan hubungan keduanya belum selesai dengan kemunculan dua hama saja, tiba-tiba saja melibatkan masa lalu keluarga mereka yang membuat keduanya lagi-lagi harus memilih. Di sini hubungan mereka memang benar-benar diuji. Di bagian ini saya terharu dan merasa sedih saat membacanya. Betapa mirisnya hubungan mereka berdua saat tahu apa alasan dibalik perjodohan mereka.

Ada Lee Jon yang merupakan juniornya Jihoon sekaligus bosnya Ham Injo, sahabatnya Taeyeon. Hubungan keduannya sangat manis. Dan keduanya pun mempunyai keterlibatan di dalam hubungan Taeyeon dan Jihoo. Cukup terhibur dengan kekompakan pasangan ini saat bagian di Jeju kedua.

Hubungan segi-tiga yang melibatkan adiknya Taeyeon, Han Kibum dengan dua gadis yang bersahabat baik sejak lama yaitu ada Sohyun dan adiknya Jonghyun, Le Jieun. Kisah Le Jieun ini sangat menginspirasi, karena walaupun mengidap penyakit jantung yang cukup parah tapi tidak membuatnya mengasihi hidupnya sendiri. Malah ia terlihat sangat ceria, tidak menampakkan kesedihan akibat penyakitnya dan juga tentang keluarganya yang kacau.

Yang terakhir tentu saja pasangan Jonghyun dan Hana. Hana yang masih mengharapkan cinta dari Jonghyun. Malah mendapatkan perhatian tiba-tiba yang datang dari Jihoon, sehingga membuatnya sedikit teralihkan dari Jonghyun. Sedangkan Jonghyun dibuat kacau dengan masalah keluarganya sendiri terutama penyakit adiknya, Le Jieun dan Ibunya. Sehingga membuatnya teralihkan sementara dari urusan asmara. Namun saat semuanya terkendali, siapakah yang akhrinya menjadi tempat persinggahan akhir hati dan cinta Jonghyun?

Di ceritakan dari POV orang ke-3 dari masing-masing tokohnya. Membaut saya memahami seperti apa perasaan tokohnya. Seperti Taeyeon di saat ia kebingungan antara harus memilih perasaannya sendiri atau ibunya yang sedang kritis. Jonghyun yang tidak mengerti dengan sifat misterius kakeknya sendiri, apalagi saat mengetahui satu fakta yang menjadi alasan kenapa Jonghyun dan adiknya tidak diperhatikan oleh ibu mereka. Di bagian ini bener-bener deh (miris banget). Namun tokoh Jonghyun ini sangat menginspirasi saya. Karena dengan kondisi keluarganya yang kacau tidak membuatnya ikut kacau, tapi Jonghyun tetap tegar demi adiknya yang sangat membutuhkannya walaupun tanpa ibunya. Sseorang kakak yang sangat peduli dan sayang terhadap adiknya. 

Untuk pasangan favorit saya tentu saja Jihoon dan Taeyeon. Hubungan mereka ini benar-benar sangat manis. Dengan tingkah Jihoon yang semena-mena terhadap Taeyeon ditambah lagi sifat perintahnya, huftt sangat menjengkelkan. Tapi dibalik itu  semua Jihoon sosok lelaki yang romantis dan juga manis. Mahir banget buat hatinya Taeyeon meleleh, seperti gula disaat dipanaskan langsung mencair.

Tapi sebelumnya saya merasa sedikit bingung saat pertama kali membuka halaman pertama kisah Taeyeon ini. Karena saya mendapati epilog-nya berada di awal bab. Bukankah seharusnya epilog itu berada di akhir cerita. Makanya saya sedikit bingung dengan buku ini. Karena kebetulan pun saya membacanya di Pustaka IJak, ntah memang novel fisiknya juga seperti itu atau yang di ebook pustaka saja yang seperti itu. 

Selain ceritanya yang bagus, novel ini juga terdapat beberapa pesan moral, salah satunya adalah 


Jangan pernah menyepelekan yang namanya pernikahan karena dijodohkan. Karena kita tidak akan tahu misteri apa yang tersimpan di kemudian hari karena perjodohan itu sendiri.

Overall, novel ini sangat recomended banget untuk dibaca. Apalagi bagi kamu yang menyukai kisah drama ala-ala Korea. Karena selain ceritanya yang manis, penuh konflik yang warna-warni, novel ini siap membuat kamu baper sebaper-bapernya. 

*pss. jangan lupa untuk menyiapkan tisu. Siapa tahu hal-hal yang tak diinginkan terjadi selama membaca novel ini ☺


R A T I N G



"Kamu akan menemukan impianmu, saat bertemu dengan orang yang benar-benar kamu cintai." - Aboenim Taeyeon (hlm. 430)

No comments:

Post a Comment