Sunday, 4 December 2016

Book Review | Stand By Me - Indah Hanaco


Judul buku: Stand By Me

Penulis: Indah Hanaco

Editor: Afrianty P. Pardede

Penerbit: Elex Media Komputindo

Tahun terbit: Juli 2014

ISBN: 978-602-02-4576-8

Jumlah Halaman : viii + 340 halaman

Book Sinopsis :

Selama bertahun-tahun, Ralph menyaksikan bagaimana Mya tumbuh menjadi gadis kepala batu dan cenderung judes. Selama itu pula hubungan mereka tetap berada pada dua sisi yang berpunggungan. Hingga suatu malam Mya yang patah hati bersumpah akan menikahi teman kakaknya. Tentu saja yang dimaksudnya bukan Ralph, karena hati Mya sudah telanjur takluk pada pesona Chris. Tapi, cinta tetaplah salah satu misteri terbesar semesta. Hingga suatu ketika Mya menyadari bahwa hatinya kini menghendaki sosok lain untuk menjadi tempat penitipan hatinya. Ralph.

Namun, masa lalu Ralph dengan sederet panjang para mantan, tidak mudah untuk diabaikan. Belum lagi perbedaan usia yang terentang jauh di antara keduanya. Juga keraguan yang kerap menyudutkan Ralph dan Mya ke tempat asing.

Namun keduanya kian menyadari bahwa perasaan istimewa sudah membenamkan mereka terlalu jauh. Nyaris tidak ada kesempatan untuk membebaskan diri tanpa tersakiti. Pertanyaannya, cukupkah cinta mereka menjawab semua rintangan yang siap melukai?

Book Review :

Stand By Me menceritakan tentang bagaimana kehidupan seorang Mya Devri Aryanata dari masa ia remaja hingga dewasa. Hubungan dengan abangnya, Nicholas. Kedekatannya dengan empat sahabat abangnya. Serta kerumitan tentang perasaan jatuh cinta yang di alami oleh Mya untuk pertama kalinya.

Berawal dari perayaan ulang tahun Mya yang ke enam belas. Saat itulah untuk pertama kalinya Mya merasakan sesuatu yang lain saat melihat senyuman yang terpatri di wajah sahabat abangnya, dan saat itu jugalah Mya meyakinkan dirinya kalau ia telah jatuh cinta pada salah satu sahabat abangnya yaitu, Christian. Dan Mya bertekad akan memperjuangkan perasaanya dan akan membuat pengakuan kepada Christian langsung secara pribadi. Namun sayangnya, Christian tidak menganggap perasaannya itu, dan malah menertawakan pengakuannya tersebut. Mya di umurnya yang seharusnya hidup dengan kesenangan ala remajanya, malah harus merasakan kepahitan dan rasa sakit di saat ia pertama kalinya jatuh cinta dan pertama kalinya juga merasakan yang namanya sakit hati.

" Pokoknya, aku pasti menikah sama temannya Bang Nic," (Mia - hlm. 47)

"Temannya yang mana? Teman abangmu kan ada banyak." (Raphl - hlm 47)

Sejak Mya di tolak mentah-mentah oleh Christian, suatu malam ia bersumpah di depan langit yang temaram bahwa ia akan menikah dengan salah satu teman abangnya. Namun, yang tak disangka sebelumnya, sumpah yang diucapkannya itu ternyata di dengar oleh salah satu orang yang tak diharapkan Mya untuk muncul dan mendengar di saat yang tidak tepat, Raphl Pardomua Kennard yang merupakan salah satu sahabat abangnya juga. Dan yang mengejutkan lagi, ternyata Raphl mengetahui rahasia yang selama ini sudah disimpannya serapat mungkin. Apa rahasia Mya yang diketahui oleh Raphl? Dan bagaimana bisa Raphl mengetahuinya? Sedangkan Mya sendiri tidak pernah menceritakan kepada siapapun rahasia tersebut. 

Sejak malam Mya mengucapkan sumpahnya yang didengar oleh Raphl, hubungan keduanya menjadi lebih dekat. Padahal sebelumnya hubungan keduanya bisa dikatakan terbentang jarak. Sejak saat tu pula Raphl berprofesi sebagai pendengar yang baik bagi Mya. Semua keluh kesah perasaan jatuh cintanya kepada Christian dan rasa sakit mencintai Christian juga dilimpahkan semuanya kepada Raphl. Hingga perasaannya kepada Christian secara perlahan mulai memudar dan Mya tidak merasa sakit hati lagi saat melihat Chirtian. Tapi yang tak disangkanya, ternyata perasaan itu telah muncul kembali hanya saja kepada orang yang berbeda, dan masih dalam ruang lingkup sahabat abangnya. Raphl.

Mya dan Raphl merasakan perasaan yang sama, hanya saja mereka tidak berani mengakuinya dengan alasan masing-masing. Mya tidak ingin merasakan penolakan seperti dulu lagi, jadinya ia mengabaikan perasaannya kepada Raphl. Sedangkan Raphl ada banyak alasan yang menahannya untuk tidak terus terang, tapi disaat Raphl ingin mengakui perasaannya, masalah baru datang dan menahan Raphl untuk tidak mengakuinya. Raphl harus pergi dan menetap di Darwin selama 1 tahun untuk urusan pekerjaan. 
Lalu, bagaimana dengan nasib perasaan mereka masing-masing? Apakah mereka akan mengakuinya? Bagaimana dengan abangnya, Nic saat mengetahui Mya mempunyai perasaan terhadap salah satu sahabatnya? Apakah Nic akan merestuinya?

".... tidak pernah perhatian seperti Chris."
".... terlalu kaku, tidak sesuai seperti Joe."
".... tidak bisa membuat Mya betah  mengobrol berjam-jam. Seperti Raphl." (hlm. 185)

Semenjak kepergian Raphl ke Darwin, Mya enggan untuk membalas semua perasaan pria-pria yang mendekatinya. Ada sesuatu yang membuat Mya membanding-bandingkan semua pria yang mendekatinya dengan sahabat-sahabat abangnya. Terutama Raphl. Dan hanya satu nama yang selalu terbayang di kepalanya setiap ada pria yang mempunyai kesamaan dengan nama tersebut.

"Patah hati yang menyakitkan di usia belia, kadang tidak bisa dihadapi dengan baik." (hlm. 72)

Satu kata, PUAS. Kalau boleh jujur selama saya membaca karya-karyanya kak Indah, seperti You Had Me At Hello, Love In Edinburgh, Run To You, Les Masques (Kebetulan yang ini belum saya review di blog, kalau di goodreads sudah) dan Delicious Marriage , Alhamdulillah saya belum pernah merasakan yang namanya kecewa. Rasanya kak Indah ini seperti multitalent banget dalam menuangkan ide imajinasinya dalam sebuah cerita, semua ceritanya tidak ada yang membosankan bagi saya (yang sudah saya baca ya).

Di dalam novel Stand By Me ini saya berkenalan dengan tokoh utamanya (tidak secara langsung sih) Mya, si gadis remaja yang selalu bertingkah ceplas-ceplos tanpa melihat keadaan, keras kepala, dan 'matre'. Dan untuk tokoh-tokoh non-utama seperti Nicholas, yang merupakan saudara satu-satunya yang dimiliki Mya. Nic sosok abang yang didam-idamkan oleh semua orang. Nic berperan sebagai abang yang perhatian dan sangat melindungi sang adik sekaligus ayah bagi Mya sejak meninggalnya ayah mereka. Karena posisinya itu, para sahabatnya selalu menuduh Nic terlalu memanjakan Mya hingga akhirnya Mya mempunyai sifat yang super bawel dan cerewet. Hanya saja di saat Mya jatuh cinta dan patah hati untuk pertama kali, Nic memilih untuk tidak peka dengan keadaan Mya. Christian, Joe dan Raphl yang merupakan sahabatnya Nic, dan sudah menganggap Mya seperti adik mereka sendiri. Yang paling dekat dengan Mya hanya Chris dan Joe, namun karena sesuatu terjadi Chris akhirnya tidak sedekat seperti awalnya dengan Mya. Dan posisi itu digantikan dengan Raphl. Karena suatu hal yang terjadi pada Mya. Kemudian ada sahabatnya Mya, Heydi. Ibunya Mya. Eli, yang bekerja di rumahnya Mya. Lee dan Viktor yang merupakan teman kampusnya Mya. Dan masih ada lagi yang tidak saya sebutkan disini. Dan setiap dari mereka semua mempunyai perannya masing-masing untuk melengkapi jalannya cerita di novel ini. Setiap karakter pun menurut saya tidak ada yang berlebihan, sesuai dengan tempat dan porsinya masing-masing. Apalagi novel ini memang mengisahkan tentang keremajaan.

Novel ini diceritakan dengan alur maju, dan terdapat lima bagian di dalamnya. Ada 3 POV yang berbeda yang akan kita dapatkan didalam novel ini Di bagian kedua dan ketiga penulis menggunakan POV orang pertama dari tokoh utama perempuan dan tokoh utama laki-lakinya. Sedangkan bagian pertama, keempat dan kelima, penulis menggunakan POV orang ketiga. Sehingga secara keseuruhan kita bisa ikut melihat dan merasakan secara global dari sudat pandang penulis, dan pembaca juga diajak untuk menyelami secara personal bagaimana perasaan si tokoh utamanya apalagi dengan berbeda karakter dan tentunya juga berbeda gender.

Untuk konfliknya masih tergolong natural dan realistis. Hal yang wajar memang. Jika saya berada di posisinya Mya pun pasti saya akan melakukan hal yang sama. Konfliknya sangat cocok dengan tema novel ini. Hanya saja ada bagian konflik yang melibatkan orang dewasa yaitu para sahabatnya Nic. Jadi ketika membaca novel ini di satu sisi saya merasa tidak sedang membaca kisah Mya si gadis remaja, tapi Mya si gadis dewasa muda.

Karakter favorit tentu saja Mya dan Raphl. Mya si ratu cerewet dengan sifat kebawelannya yang luar biasa. Walaupun umurnya masih belasan tahun, Mya secara perlahan mampu untuk mendewasakan dirinya sesuai dengan umurnya - dewasa muda. Raphl si penyabar yang sangat luar biasa, pendengar yang baik (kapan lagi dapat cowok yang mau mendengar luapan sampah, seperti curhatan Mya), pemberi nasihat yang baik. Dari semua sifat yang dimiliki oleh Raphl, saya paling suka di saat Mya patah hati, Raphl tidak berkomentar apa pun, hanya diam dan menjadi pendengar yang baik.

Dan untuk ending-nya saya sangat suka. Terasa manis dan pas. Apalagi dengan panggilan seewtling. Sedikit yang membuat saya kurang nyaman saat proses menuju endingnya, ntah kenapa saya merasa seperti dipercepat untuk segera di selesaikan. Untuk segera sampai di ending. Terkesan buru-buru rasanya. Tiba-tiba saja sudah di akhir cerita.

Menjadi remaja memang tidaklah mudah. Apalagi saat untuk pertama kalinya kita merasakan jatuh cinta dan di saat yang bersamaan pula malah patah hati. Itu sungguh sangat menyayat hati. Rasanya pengin menyalahkan takdir yang menimpa diri kita. Tapi hal itu semua perlu, agar ke depannya kita bisa lebih mendewasakan diri dan bisa mengambil keputusan tentang perasaan kita kepada seseorang. Supaya ke depannya kita tidak salah dalam mengambil langkah. Lalu, bagaimana dengan perselingkuhan yang muncul di dalam sebuah hubungan yang sudah terjalin lama maupun yang baru terjalin? Kita sebagai manusia memang tidak bisa menebak apa yang akan terjadi di masa depan. Hubungan yang sudah kita bina begitu lamanya dan kita jaga sebaik mungkin pun, kalau memang sudah di takdirkan untuk adanya perselingkuhan di dalamnya, pasti akan terjadi. Kita tidak bisa mengelak. Kita hanya di tuntut untuk bisa mengambil keputusan yang baik, dimana nantinya di masa depan kita tidak akan menyesalinya.

Stand By Me, mengajarkan saya banyak hal tentang rasanya jatuh cinta. Di tolak mentah-mentah oleh orang yang kita sukai.Saling mencintai satu sama lain pun belum menjamin bahwa pasangan kita akan setia selamanya. Hidup memang penuh misteri. penuh dengan teka-teki yang harus kita hadapi dan selesaikan. Kita sebagai ummat hanya bisa menjalani, tidak bisa menentukan kemana arah hidup yang kita inginkan.

Overall, cerita ini sangat rekomended banget untuk kalian yang menyukai cerita romance yang berbumbu manis ala dewasa muda. Dan siap-siap untuk di bawa hanyut ke dalam kehidupan seorang Mya yang penuh kegilaan dan pesona seorang Raphl. Dan terkadang dibuat tertawa sendiri saat membaca dialog-dialognya.

RATING

(Untuk abang Domu yang penuh perhatian dan kesabaran yang extra)


2 comments:

  1. ah indahnya masa remaja hahaha.
    terima kasih mbak untuk postingannya.
    oh iya mbak kalau kebetulan lagi cari tips fotografi mampir juga dong ke blog saya di
    gariswarnafoto[dot]com
    yuk mariii

    ReplyDelete
  2. Sama-sama Jack..
    Senang bisa berbagi ;)

    Memang bidang fotografi yaa?? Ulasannya keren-keren dan sangat membantu (Ini aku sedang berkunjung dan berpetualang di blognya kamu :)

    ReplyDelete