Sunday, 11 December 2016

Book Review | A Scent of Love in London - Indah Hanaco



Penulis : Indah Hanaco
Editor : Afrianty P. Pardede
Penerbit : Elex Media Komputindo
Tahun Terbit : 2015
ISBN : 978-602-02-5775-4
Tebal : 376 halaman

Book Sinopsis :

Ivana Zelde bukan sosok sempurna yang diimpikan para gadis. Dia penderita disleksia bahkan hingga sampai taraf tidak mampu membaca, dikhianati kekasih dengan cara yang sulit dibayangkan memang terjadi di dunia nyata. Karena kekurangannya, seumur hidup Ivana dihujani perhatian yang justru dianggap menyesakkan. 

Hugh Joaquin Levine pernah berada di puncak dunia. Hingga kecelakaan di Valencia seakan merenggut udara dan gravitasi dari hidup Hugh. Semua jungkir balik dan membuat cowok itu berakhir dalam kondisi menyedihkan. 

Hugh pernah sangat ingin mengakhiri hidupnya, hingga bertemu dengan Ivana. Lalu dunia bergerak cepat di sekitar mereka, termasuk perasaan yang terus bertumbuh tanpa bisa dihalau. Namun mereka punya terlalu banyak perbedaan sehingga sulit untuk tetap bersama. Tapi, apakah Hugh kembali menyerah dan melepaskan Ivana dengan mudah? Karena tanpa Ivana, Hugh takkan bisa bahagia lagi.

Book Review :

A Scent of Love in London menceritakan tentang kisah perjalanan jalinan cinta yang terbentuk di antara dua anak manusia yang berasal dari dua benua yang berbeda, lingkungan yang berbeda. 

Tentang seorang pembalap terkenal yang bernama Hugh Joaquin Levine. Di suatu hari saat Hugh melakukan uji coba utk musim balapannya, Hugh mengalami sebuah kecelakaan fatal yang membuatnya harus berhenti dan mundur dari balapan yang sudah dianggapnya separuh jiwanya itu, sehingga membuatnya kehilangan semua yang dimiliki termasuk kekasih yang dikira selama ini mencintainya ternyata hanya memanfaatkan kepopularitasnya saja. Akibat dari kecelakaan itu membuat Hugh putus asa dgn hidupnya sendiri. Hugh berubah dan menjauh dari keramaian. Hingga suatu hari saat ia ingin mengakhiri hidupnya untuk yang ketiga kalinya, saat itulah untuk pertama kalinya Hugh merasakan yang namanya jatuh cinta pada pandangan pertama pada sosok mungil yang mempunyai kulit eksotis, yang sangat berbeda dari mantan-mantannya. Dan saat itu Hugh langsung bersumpah pada dirinya sendiri untuk tidak akan melakukan tindakan bodoh lagi untuk hidupnya sendiri.

Sebelumnya Ivana tidak prnah menduga kalau tujuannya ke London yang hanya untuk liburan malah mempertemukannya dengan sosok yang menawan yang ternyata seorang pembalap yang sangat terkenal Hugh. Kedekatannya dengan Hugh membuat Ivana menjadi wanita labil dan sifatnya berubah seperti gadis remaja belasan tahun kalau sudah menyangkut dengan sosok Hugh yg sudah mengubah hidupnya secara perlahan. Ivana tidak merasa sesedih dulu lagi dengan kekurangan yang dimiliknya, karena Hugh telah melengkapi kekurangannya itu. 

Pertemuan dan perkenalan singkat itu tidak membuat keduanya ragu utk menjalin sebuah hubungan yg lebih dekat, dan Hugh dengan kata-kata lembut dan perhatiannya mampu membuat Ivana tergila-gila padanya. Dan mereka memang sama-sama merasakan kegilaan pada diri mereka masing-masing.

Hingga disuatu pagi yg mengejutkan Ivana mendapat kejutan yg membuatnya murka, sedih, kecewa, dan semuanya itu menjadi satu. Ia merasa kalau Hugh tdk mau membebaninya. Apalagi masalah tersebut menyangkut masa lalu Hugh yg selalu dikaitkan dengan Ivana, dan Ivana seperti tidak dianggap serius oleh dunianya Hugh. Dan hal itu membuat Ivana menyerah dan memutuskan mengakhiri semua dan memilih untuk pulang ke negaranya, Indonesia.

Di Indonesia, Ivana jadi gegana (gelisah, galau, merana). di satu sisi dia rindu setengah mati dengan Hugh, tapi karena gensinya yang terlalu tinggi membuatnya menahan semua rasa itu. Dan di tengah kegalauannya itu ia pun mengeluarkan gurauan yang di anggap Hans serius. Kalau Ivana ingin di jodohkan dengan sahabat Hans. Tidak perlu tampan, Ivana hanya ingin membuat rencana baru untuk hidupnya, ia ingin menikah, lalu punya anak, dan hidup dengan damai dan tenang, walaupun tanpa cinta itu tidak masalah. karena bagi Ivana ia tidak ingin merasakan patah hati lg hanya gara-gara cinta yang hanya akan menyakiti dirinya lagi.

Lalu bagaimana dgn Hugh? Apakah hubungan mereka benar2 kandas? dan bagaimana dgn perjodohan dari Hans dan rencana menikah Ivana akankah terwujud?

***

Lagi dan lagi, selalu dibuat jatuh cinta dengan karya-karyanya kak Indah.  Dari setiap tokoh utama prianya selalu membuat saya menginginkan sosok yang nyata dari novelnya kak Indah. Membaca novel tidak butuh waktu lama bagi saya, apalagi dibagian pertama disuguhi gambaran seperti apa sebenarnya kegiatan di balik seorang pembalap terkenal. Dan novel ini memang di persembahkan penulis untuk pembalap idolanya Michael Schumacher yang pada saat itu mengalami kecelakaan. 


Di ceritakan dari sudut pandang orang ketiga. mampu membuat saya baper sebaper-bapernya dengan novel ini. Apalagi dengn sikap Ivana yang blak-blakan dan apa adanya itu terkadang membuat saya lucu dan gemas sendiri dengan tingkahnya, apalagi saat Ivana sedang berinteraksi dengan Hugh. Dan Hugh yg super-duper penyabar dan penyayang, dan yang pasti mencintai seseorang dgn tulus. dan S.E.T.I.A. OMG .Karakter favoritku Hugh pastinya, I Love Hugh ;) Walaupun ketenaran yang dimiliki Hugh, tidak membuatnya malu untuk mengakui hubungannya dengan Ivana yang hanya seorang gadis biasa.

Banyak pesan moral yang disampaikan novel ini, salah satunya: bahwa kita tidak boleh putus asa di saat seberat apapun masalah atau cobaan yang sedang menerpa hidup kita. Karena mungkin sekarang kita mengalami cobaan yang berat, tapi siapa tau di masa depan nanti kita akan mendapat hari yang indah yang pasti kita tidak akan menduga dan menyesalinya. Dan itulah yg di alami oleh Ivana dan Hugh. karena cobaan hidup merka masing-masing, mereka mendapatkan apa itu kebahagiaan sejati yang sebenarnya yang ada di balik kekurangan atau cobaan yang di miliki. Bahwa hidup tidak seburuk yang kita kira, selalu ada alasan atas apa yang menimpa diri kita. 

Dan novel ini sangat aku rekomendasikan untuk orang-orang yang lagi butuh pencerahan hidup dan putus asa. dan tentunya bagi kalian yang suka kisah romance yang manis dan ringan, siap-siap untuk dibuat terkapar dan klepek-klepek dengan pasangan aneh bin ajaib Hugh - Ivana. Dan pesan saya untuk menyiapkan pengendali jantung supaya tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan saat membaca novel ini.

Dan saya pribadi tentunya sangat menikmati perjalanan cerita ini dari awal hingga akhir. Cerita sederhana namun penulis mampu membuatnya menjadi sebuah cerita yang sempurna. 


( Four Thumbs untuk Hugh dan si cantik Ivana)

1 comment:

  1. hihihi gegana :))
    novel yg bagus emang yg penuh cerita moral TFS :)

    ReplyDelete