Thursday, 15 December 2016

Book Review | The Rising Star - Angelique Pupasdewi


Penulis : Angelique Puspadewi
Editor : Husfani Putri
Illustrator : HevnGrafix.com
Penerbit : Gramdeia Pustaka Utama
Tahun Terbit : 2015
ISBN : 978-602-03-1385-6

Sinopsis :


Sebagai artis junior, Alexa diminta terlibat dalam rekayasa untuk menaikkan pamor Juna, artis menyebalkan dan sok ganteng yang sama-sama bernaung di RR Productiob. Tidak tanggung-tanggung, mereka akan menciptakan skandal. Rumornya Alexa ketahuan hamil dengan Juna padahal dia sudah bertunangan dengan Bara, caleg yang juga butuh pemberitaan sensasional agar semakin dikenal masyarakat. Jika ini berhasil bukan hanya pamor Juna dan Bara yang akan melambung, tapi nama Alexa juga akan bersinar. Mereka bertiga akan menjadi The Rising Star.

Skenario yang dijalankan nyaris sempurna, hingga sandungan kecil mengacaukan semuanya. Setelah hangout sampai teler berat di pub dan terbangun di kamar hotel, Alexa mengalami gejala yang dialami oleh perempuan yang sungguhan hamil! Sialnya, Alexa tidak tahu dengan siapa ia tidur malam itu.

Adegan demi adegan yang mereka jalani ternyata malah membuat Juna dan Bara menyukai Alexa. Mereka sama-sama memberi perhatian pada Alexa dan berusaha memperebutkan cinta gadis itu. Namun, ternyata diam-diam sebenarnya hati Alexa sudah ditambatkan pada pria yang terlarang untuk ia cintai...

Kilas Balik The Rising Star

"Cinta yang dewasa adalah memikirkan segala aspek." (hlm. 197)

Memutuskan untuk hidup sebagai publik figur tidak membuat seorang Alexandra Firman bisa duduk santai, lalu banyak menerima tawaran job dari berbagai pihak. Tentu saja tidak semudah itu. Alexa memutuskan untuk bergabung di sebuah perusahaan agency RR Production untuk membantu biaya pengobatan ayahnya yang sakit keras, sangat berbeda dengan cita-citanya dulu yang ingin menjadi seorang Dokter. 

Di suatu hari sebagai arits junior Alexa diminta untuk membantu meningkatkan pamor seorang artis yang sedang naik daun yang bernama Juna. Yang sayangnya mempunyai sifat yang menyebalkan dan sok ganteng. Untuk membuat drama skandal yang terlihat seperti nyata oleh para masyarakat khusunya para wartawan, pihak manajemen RR melibatkan Bara yang kebetulan juga seorang calon legislatif yang juga sedang membutuhkan popularitas supaya masyarakat lebih mengenal dirinya dan mempermudah semua urusan dalam masa promosinya.

Skenario drama skandal mereka pun disusun oleh pihak manajemen. Mereka bertiga Alexa, Juna dan Bara hanya perlu mengikuti skenario yang sudah dibuat. Namun tiba-tiba, semuanya terjadi diluar skenario yang sudah disusun. Alexa merasa dirinya sering mual-mual dan muntah, dan ia memutuskan untuk periksa ke rumah sakit. Kabar mengejutkan datang, ternyata Alexa hamil. Dan naasnya ia tidak tahu siapa yang menghamilinya. Karena Alexa hanya mengingat di suatu malam ia mabuk dan paginya ia terbangun di sebuah kamar hotel sendirian.

Semuanya semakin rumit, saat tiba-tiba Juna dan Bara menunjukkan sikap yang lain dari biasanya. Juna dan Bara yang tiba-tiba penuh perhatian dan selalu menanyakan kondisinya membuat Alexa merasa tidak nyaman. Belum lagi ungkapan perasaan yang tiba-tiba datang dari Juna dan Bara. Membuat mereka berdua saling memperebutkan perhatian dari Alexa. 

Siapakah yang akan di terima oleh Alexa, Bara atau Juna? Lalu bagaimana dengan perasaan Alexa yang ternyata menyimpan rasa kepada seseorang yang terlarang baginya? Dan bagaimana dengan akhir skandal drama untuk menaikkan popularitas Bara dan Juna yang melibatkan Alexa? 

"Tuhan selalu memberi yang manusia butuhkan, bukan yang manusia inginkan." (hlm. 177)

Rahasia The Rising Star

"Terkadang musibah seperti air bah yang datang tanpa berita. Bergumul tanpa memberi jeda untuk hadirnya lega, meski sesaat." (hlm. 153)

The Rising Star mengisahkan bagaimana perjuangan seorang publik figur dibalik layar untuk memperoleh kepopularitas mereka masing-masing. Seperti yang di alami oleh Juna, Alexa dan Bara yang juga sering kita saksikan dipemberitaan televisi tentang artis-artis maupun selebritis tanah air. Novel ini akan memperkenalkan kita serumit apa dan seperti apa kehidupan menjadi seorang publik figur yang tak lepas dari bayang-bayang para wartawan yang selalu menerjang dimana pun mereka berada. 

Alur ceritanya yang ringan, walaupun di awal-awal cerita sempat membuat saya agak sedikit merasa bosan karena alurnya seperti dipaksakan, namun selebihnya membuat saya rileks dengan kisahnya. Mengangkat tema tentang seorang publik figur yang tak jauh-jauh dari mengejar popularitas demi mendapat sebuah job dan menghasilkan uang, dan memikirkan bagaimana cara atau trik apa supaya kepopularitas sang artis menanjak dan dikenal banyak kalangan. Novel ini menegaskan pada pembaca bahwa di balik kesuksesan seseorang pasti memiliki kisahnya sendiri. Kisah kerja kerasnya sehingga ia berhasil dan mendapatkan kesuksesan dalam hidupnya dan bagaimana cara menjaga kesuksesan yang di dapat supaya tetap bertahan di posisinya. Hal itu tidak luput dari kerja keras dan niat seseorang untuk mencapai kesuksesan yang ingin diraih. 

Dengan cover yang sangat mendukung isi cerita. Di tengah-tengah banyaknya bagunan tinggi, diatasnya terdapat sebuah bintang yang bersinar. Untuk menuju bintang tersebut terdapat sebuah tangga untuk mencapainya. Seakan menegaskan bahwa untuk menjadi seseorang yang paling bersinar diperlukan usaha yang keras untuk meraihnya.

Di ceritakan dari sudut pandang orang ketiga dari masing-masing tokohnya seperti Arya, Alexa, Juna dan Bara membuat saya paham seperti apa perasaan mereka. Alexa yang menyimpan perasaan terlarang kepada kakak angkatnya sendiri. Perasaan Bara yang perlahan berubah terhadap Alexa, dan cara ia menyingkapi perasaannya dengan lingkungan keluarga Artha Cahaya yang memerlukan cinta yang dewasa. Juna yang perlahan memiliki perasaan lain dan empati terhadap Alexa membuatnya menyadari suatu hal. 

Yang paling menarik disini adalah Alexa yang dikelilingi 3 (tiga) pria tampan. Kalau saya di suruh pilih antara ketiganya, pasti saya akan egois sekali. Saya akan memilih ketiga-tiganya, walaupun itu tidak mungkin. Selama proses membaca novel ini pun, saya di ajak bermain tebak-tebakan dengan endingnya, proses menuju endingnya bikin gregetan banget. Sumpah. Karena penasaran. Untuk endingnya pun saya merasa puas karena prosesnya yang panjang dan melibatkan emosi.

Membaca novel ini mengajarkan saya tentang banyak hal dalam hidup, seperti menerima semua kondisi seperti apapun dalam hidup kita dengan ikhlas, karena Tuhan pasti sudah menyimpan sesuatu yang lebih besar kepada kita di suatu saat nanti. Setiap kejadian yang kita alami pasti ada hikmah yang tersimpan dibaliknya. Dan juga mencintai seseorang itu terkadang perlu pengorbanan demi orang yang kita cintai. Karena cinta memang tidak harus memiliki. 

Secara keseluruhan novel ini sangat menarik untuk dinikmati. Dan yang sedang ingin mencari tahu ada apa dibalik kisah kepopularitas seorang publik figur dan kisah romantis di dalamnya, buku ini sangat saya rekomendasikan.

RATING


"Baiklah, jika itu sudah menjadi keputusanmu. Tetapi biarkan aku berdoa agar Tuhan mempersatukan kita di akhirat kelak. Mengizinkanmu menjadi bidadari surgaku. Seperti Tuhan menyatukan Adam dan Hawa beratus tahun kemudian. Kuharap waktu datang untuk kita." (hlm. 159)

No comments:

Post a Comment