Sunday, 25 December 2016

[BLOG TOUR] BOOK REVIEW + GIVEAWAY | P.S. I LIKE you - Kasie West

Judul Buku : P.S. I Like You
Penulis : Kasie West
Penerjemah : Airien Kusumawardhani
Pemeriksa Bahasa : Orinthia Lee
Penyunting : Selsa Chintya
Proofreader : Seplia
Cover : Chyntia Yanetha
Penerbit : Spring
Cetakan Pertama, November 2016
Jumlah Halaman : 368 hlm
ISBN : 978-602-74322-6-0

SINOPSIS : 

Saat sedang melamun di kelas Kimia, Lily menuliskan sebaris lirik lagu favoritnya di meja. Hari berikutnya, dia menemukan seseorang telah melanjutkan lirik itu dan bahkan menulis pesan untuknya!

Tak lama, Lily dan sahabat pena misteriusnya itu mulai berbagi surat dan rahasia, saling memperkenalkan band favorit mereka, dan mulai terbuka satu sama lain. Bahkan, Lily merasa mulai menyukai orang yang menulis surat-surat itu. Hanya saja, siapa dia?

Lily mencoba mencari tahu siapa teman misteriusnya, tapi siapkah dia mengatahui kebenarannya?


Kilas Balik P.S. I LIKE YOU


"Ada sesuatu tentang pelajaran Kimia yang merangsang setiap pikiran di otakku untuk langsung bekerja." (hlm. 27)


Lily Abbott, merasa otaknya selalu hiperaktif di saat pelajaran Kimia sedang berlangsung. Bukan karena otaknya malas, hanya saja ia merasa Kimia sangat membosankan.


"Rentangkan kelopakmu yang layu dan biarkan cahaya menyinarimu." 
(hlm. 28)

Karena suatu insiden yang melibatkannya dengan Mr. Ortega yang tak lain adalah guru Kimia-nya dan mengancam akan mengambil buku catatan kesayangan Lily, akhirnya Lily menulis sebuah lirik lagu dari band favoritnya. Sekaligus mengalihkan pikirannya sesaat dari memikirkan sebuah lirik untuk kompetensi menulis lagu yang ingin diikutinya.

Keesokan harinya, ternyata lirik yang ditulis di atas meja sekolahnya sudah ada yang melanjutkan, dan itu membuat Lily sangat terkejut sekaligus senang. Karena ada murid di sekolahnya yang juga tau tentang band indie favoritnya itu. Sejak saat itu, di kelas pelajaran Kimia Lily dan sahabat penanya mulai menulis dan membalas apa yang ditulis di mejanya. Ketika tulisan dimejanya mulai tidak ada ruang kosong, mereka memutuskan untuk menulis surat dalam secarik kertas yang kemudian diselipkan di bawah meja tanpa sepengetahuan orang lain. 

Awalnya mereka hanya membahas tentang musik-musik yang mereka dengar dan psikologi terbalik, namun perlahan-lahan di dalam secarik kertas itu mereka mulai berbagi tentang hal-hal pribadi dan rahasia, seperti kehidupan mereka masing-masing, keluarga, dan bahkan permasalahan yang sedang mereka hadapi dimana orang-orang terdekat mereka pun tidak ada yang mengetahuinya.

"Sahabat tanpa nama adalah teman sempurna untukku." (hlm. 59)

Lily merasa kalau sahabat penanya itu sangat memahami dirinya, dan ia bebas mengeluarkan pendapat-pendapatnya. Namun, seiringnya waktu Lily merasa dirinya mulai tertarik dan bahkan jatuh cinta pada sahabat pena yang tidak tahu siapa orang dan namanya itu. 

"Aku memikirkan tentang lembar "tersangka" di halaman terakhit catatanku." (hlm. 118)

Karena rayuan Isabel untuk mengetahui siapa pemilik sahabat penanya itu, dan juga rasa penasaran dan keingintahuannya yang cukup menganggu, akhirnya Lily membuat list tersangka yang sekiranya cocok dengan sahabat penanya itu. Di antaranya ada nama Lucas, yang menurut Lily sangat masuk akal dari daftar nama-nama yang ditulis sebelumnya. Di tambah lagi dengan petunjuk-petunjuk seakan memperkuat semuanya.

"Seluruh kepura-puraanku harus berhenti saat aku memperhatikannya melipat kertasnya menjadi empat lalu menyelipkannya di bawah meja. Aku bergegas keluar ruangan, tanpa menoleh lagi, sebelum dia melihatku." (hlm. 156)

Namun, di saat keyakinan Lily sudah hampir mencampai 100% bahwa Lucas adalah sahabat penanya, tiba-tiba semuanya harus berubah. Lily mendapati dirinya tidak siap untuk mengetahui siapa sosok dibalik sahabat penanya itu. 

P.S. I LIKE YOU - Kasie West

Saya tidak akan ragu untuk langsung merekomendasikan novel terbitan Penerbit Spring yang satu ini untuk kalian para readers. Karena saya salah satu pemula, dan pertama kalinya untuk saya membaca novel terjemahan dari penerbit Spring. Terjemahannya sangat pas, tidak ada yang aneh atau janggal dari tata bahasanya. Yaa, serasa sedang membaca novel lokal. Yang membedakan hanya suasana setting, dan cara pendekripsian ceritanya yang menjadi ciri khas dari penulis luar dengan lokal. *Kalian paham apa yang saya maksudkan disini.

Sudahkah kalian perhatikan cover dan judulnya? Apa yang terlintas pertama kali dibenak kalian saat melihatnya?. Awalnya saya tidak sempat berpikir terlalu dalam makna dari covernya, selain covernya yang manis khas remaja. Karena saya langsung membuka dan membacanya. Cukup dibuat penasaran. Namun secara perlahan semuanya terungkap dengan semestinya, tersusun rapi. Setiap sudut kisah misteriusnya perlahan terungkap, seperti saya yang menemukan makna dari warna cover dan ilustrasi-nya. Ohh ternyata seperti ituu... Bahkan judulnya pun saya tidak menyangkanya sama sekali.

Membaca P.S I LIKE you membawa pikiran saya kembali ke masa-masa saya sekolah dulu. Persahabatan, orang yang di taksir secara diam-diam, teman yang suka membully, berbagai macam karakter guru, termasuk pelajaran-pelajaran yang di sukai maupun yang tidak. Mungkin bagi Lily Kimia sangat membosankan, tapi bagi saya Fisikalah yang membuat saya jenuh dan rasanya ingin menghilang saat pelajaran itu berlangsung. Mungkin karena faktor sang guru yang membosankan, makanya pelajarannya pun ikut membosankan. 
Persahabatan yang terjalin antara Lily dan Isabel membuat saya sangat tersentuh dan terharu. Saling mendukung satu sama lain. Tidak ada rasa iri sama sekali, tetap berpegang teguh pada persahabatan, walaupun karena seorang cowok sekalipun. Yang paling menarik adalah rutinas pagi mereka, dimana saat sapaan pertama kali dipagi hari mereka harus mengatakan kata terakhir yang dipikirkan saat menjelang tidur. 

Di ceritakan dari sudut pandang (orang pertama) yaitu Lily, tidak membuat novel ini berat sebelah, malah kelihatan seimbang antar tokoh-tokohnya. Karena walaupun di ceritakan dari sudut pandang Lily, saya bisa memahami bagaimana sudut pandang dari tokoh-tokoh lainnya di novel ini.

Ada beberapa tokoh lainnya yang ikut meramaikan novel ini. Seperti Lucas, sosok yang ditaksir Lily secara diam-diam sekaligus kakak seniornya di sekolah. David, yang ingin dijodohkan sahabatnya, Isabel untuk pasangan kencannya Lily. Cade, yang merupakan musuh bebuyutannya Lily di sekolah, karena suatu insiden di jam pelajaran olahraga dulu. Lauren, teman bangkunya Lily dan hanya sekadar teman sebangku tidak lebih. Dan masih ada lagi beberapa tokoh-tokoh lainnya, seperti Sasha, orang tuanya Lily, Ashley, kakaknya Lily dan ada adik-adiknya Lily yang membuat novel ini lebih berwarna dan sangat menghibur dengan kelakuan-kelakuan mereka masing-masing.

Untuk karakter favorit tentu saja Cade dan keluarga besarnya Lily yang unik dan penuh semangat dan tak mudah dilupakan. 
Cade, cowok yang terlihat penuh ceria tanpa beban dan sempurna diluar, namun menyimpan kesedihan dan harapan terhadap keharmonisan keluarganya terutama orang tuanya. Yang paling menarik dari seorang Cade adalah ia peduli pada semua orang. Senang membantu. Ia merasa bahwa dirinya sudah melindungi temannya dari resiko dipermalukan di depan umum. Padahal justru keadaan malah berbalik, dan Cade tidak menyadari sama sekali akibat dari sifat membantunya itu. Seperti yang terjadi saat Cade memberi julukan 'Magnet' secara tidak langsung kepada Lily.
Ada keluarga Lily yang 'kacau' - dalam arti yang baik - sangat menghibur. Sebuah keluarga yang terasa nyata, kompak dalam segala hal, tidak kaku, penuh tradisi-tradisi unik dari orang tuanya. Walaupun orang tuanya sibuk dengan aktifitas masing-masing tapi tidak mengurangi kedekatan mereka satu sama lainnya. Memang sudah seperti itulah yang seharusnya terjadi di dalam sebuah keluarga. Saya sangat terhibur dengan julukan yang diberikan Lily kepada Jonah, yaitu makhluk nomor dua.

"Satu-satunya yang membawakan kedamaian dan kebahagiaan sempurna untukku." (hlm. 169)

Yang paling membuat saya sedih adalah ketika Lily mendapati gitar kesayangannya 'rusak' parah, bukan hanya sekadar rusak karena patah senarnya. Bahkan pelakunya pun tidak tahu siapa (walau nantinya juga bakal ketahuan juga). Saya sangat-sangat mengerti bagaimana perasaan Lily saat itu; sedih, kecewa, kesal, ingin marah, dan menjerit sekeras-kerasnya, tapi tidak tahu harus dilimpahkan ke siapa. Karena saya pun pernah mengalami hal yang serupa. Kekesalan dan kemarahan rasanya sudah mengumpul di dalam dada siap untuk dikeluarkan jika saja kita tahu siapa pelaku yang merusak barang kita saat itu juga.

Overall, novel ini sangat manis dan siapapun yang membacanya tidak akan merasa bosan, karena kita akan di ajak untuk bermain teka-teki dan menebak siapa sosok sahabat penanya Lily yang misterius.
Dan bagi readers yang menyukai cerita manis, romantis, persahabatan dan juga tentang sebuah keluarga yang lucu dan mempunyai tradisi unik, saya sangat merekomendasikan novel P.S. I LIKE you untuk kalian baca.

RATING


"Kau cara favoritku untuk menghabiskan waktu. Namun waktu berhenti setiap kali kau dalam pikiranku." (hlm. 341)

"Berlari adalah sesuatu yang menyenangkan, membebaskan, dan sangat mudah." (hlm. 328)
Sudah siap untuk GIVEAWAY TIME??
Dan sudahkah kalian membaca review P.S. I Like You di atas?

Di BLOG TOUR ini bagi kamu yang beruntung 'nantinya' akan mendapatkan 1 buku P.S. I Like You secara GRATIS langsung dari Penerbit. Caranya, kamu cukup melakukan syarat-syarat yang ada di bawah ini.

1. Punya alamat pengiriman di Indonesia

2. Follow blog ini melalui GFC (ada di bawah)

3. Follow Twitter @PenerbitSpring dan @PidaAlandrian92  kemudian share info GIVEAWAY P.S. I Like You di sosmed kamu (boleh apa saja. kalau share di instagram posting Banner giveaway-nya), jangan lupa mention kedua akun di atas dan ajak temanmu juga untuk ikutan. Sertakan #PSILikeYou

4. Tinggalkan komentar kamu di bawah ini berupa nama, Link Share, nama yang kamu pakai untuk follow (GFC dan Twitter), dan tempat tinggal kamu.

5. WAJIB LIKE FANPAGE @PenerbitSpring. Karena di akhir event BLOG TOUR #PSILikeYou akan ada GIVEAWAY FINAL di fanpage penerbit pada tanggal 27 Desember dan kalian harus mengumpulkan semua jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang ada di tiap host Blog Tour-nya. 

Pertanyaan dari saya adalah :

Siapakah yang mendapat julukan dari Lily sebagai 
"Makhluk Nomor Dua"?
*Semua petunjuknya ada di review di atas ;)

Untuk menjawab semua pertanyaan-pertanyaan dari para Host BLOG TOUR + GIVEAWAY #PSILikeYou, kalian bisa langsung klik link di bawah ini  :




27 Des >> GIVEAWAY FINAL di Fan Page Penerbit Spring

*Jika ada yang ingin kalian tanyakan atau masih ada yang kurang paham dengan syarat-syaratnya, kalian bisa langsung tanyakan ke saya melalui Twitter @PidaAlandrian92

*Pengumuman pemenang 31 Desember 2016

Semoga beruntung ;) 

27 comments:

  1. Wish me luck.

    Nama: Athaya Irf
    Link: https://twitter.com/JeruknipisAnget/status/812823229370798080
    Gfc: Athaya Irfan
    Domisili: Tangerang

    ReplyDelete
  2. Nama: Rimadian Ulfa Y
    Link Share: mobile.twitter.com/AdinRim/status/812823210999676928
    GFC: Ulfa Yusfia
    Twitter: @AdinRim
    Domisili: Temanggung, Jateng

    ReplyDelete
  3. Nama: Bety Kusumawardhani
    Linkshare: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/812834546144022528?p=v
    GFC: Bety Kusumawardhani (aki.no.melody@gmail.com)
    Twitter: @bety_19930114
    Domisili: Surakarta

    ReplyDelete
  4. Nama: Wenny Widy
    Link share: https://twitter.com/widywenny/status/812859274846081024
    GFC: Wenny Widy
    Twitter: @widywenny
    Domisili: Sleman

    ReplyDelete
  5. Nama: Lina Ernawati
    Link share:
    https://twitter.com/Linaernaw/status/812861097187282944
    GFC: Lina Ernawati
    Twitter: @Linaernaw
    Domisili: Tangerang

    ReplyDelete
  6. Bismillah

    Nama: Ainun Marhamah
    Link: https://twitter.com/ainunmarhamah/status/812855456674611201
    Gfc: Ama Ainun
    Twitter: @ainunmarhamah
    Kota: Palembang

    ReplyDelete
  7. nama : afifah khoiriyah
    Link Share :https://twitter.com/Afifah_1412/status/812868118145970176
    nama GFC afifah khoiriyah
    Twitter : @Afifah_1412

    ReplyDelete
  8. Elsita F. Mokodompit
    https://twitter.com/sitasiska95/status/812876424818241536
    GFC: Elsita Fransiska Mokodompit
    Gorontalo

    ReplyDelete
  9. nama :Wening
    share : https://mobile.twitter.com/DabelyuPhi/status/812880415732203520?p=v
    gfc : Wening Purbawati
    domisili : Ambarawa

    ReplyDelete
  10. nama : afifah khoiriyah
    Link Share :https://twitter.com/Afifah_1412/status/812868118145970176
    nama GFC afifah khoiriyah
    Twitter : @Afifah_1412
    Domisili : Yogyakarta

    ReplyDelete
  11. Nama: Maya Elfiani Yudistira
    Link share: https://twitter.com/MayaElfianiY/status/812889765049573376
    GFC: Maya Elfiani Yudistira
    Twitter: @MayaElfianiY
    Domisili: Palembang

    ReplyDelete
  12. nama: insan gumelar ciptaning gusti
    Link Share: https://twitter.com/san_fairydevil/status/812893084430127104
    twitter: @san_fairydevil
    GFC: insan gumelar ciptaning gusti
    Domisili: Surakarta

    ReplyDelete
  13. Nama: Nurul Astri
    Link Share: https://twitter.com/nurulastrirmdn/status/812959476206555136
    GFC: Nurul Astri
    Twitter: @nurulastrirmdn
    Domisili: Tangerang

    ReplyDelete
  14. Nama: Devi
    Link share: https://mobile.twitter.com/cedarpie/status/812973814392889344
    GFC: hye jeong
    Twitter: @cedarpie
    Domisili: Bandung

    ReplyDelete
  15. Nama: Rinita
    Link Share: https://mobile.twitter.com/RinitAvyy/status/813077607163904000?p=v
    Akun GFC: Rini Virgo
    Akun Twitter: @RinitAvyy
    tempat tinggalku: jatim

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. nama : Ayu Calista
    Link Share: https://twitter.com/ayucalista18/status/813103290955145216
    GFC: Ayu Calista
    Twitter: @ayucalista18
    tempat tinggal: Jakarta

    ReplyDelete
  18. Nama: Aisyah Rahmatusysyifa

    Link share: https://mobile.twitter.com/pabooel/status/813171071302049792

    GFC: Aisyah Rahmatusysyifa

    Twitter: @pabooel

    Domisili: Tangerang

    ReplyDelete
  19. Nama: Andini Ginanti Tuzzahra
    Link Share: https://twitter.com/andinigt/status/813198181466943488
    GFC: Andini Ginanti Tuzzahra
    Twitter: @andinigt
    domilisi: Lebak

    ReplyDelete
  20. Nama : Humaira
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/813198387080069121?p=v
    Nama untuk follow GFC : Humaira Balfas
    Nama untuk follow Twitter : Humaira (@RaaChoco)
    Domisili : Purwakarta

    ReplyDelete
  21. Nama:Aulia
    Link Share: https://twitter.com/nunaalia/status/813216066583216128
    GFC: nunaalia 79
    Twitter: @nunaalia
    Domisili: Serang

    ReplyDelete
  22. Nama: Larastanie Afdha
    Link share: https://mobile.twitter.com/Larasta_/status/813395755121590272?p=v
    Twitter: @Larasta_
    GFC: Larastanie Afdha
    Domisili: Tangerang

    ReplyDelete
  23. Nama: Rizki Fitriani
    link share: https://twitter.com/Kikii_Rye/status/813545527979585536
    GFC: Kiki Rizryeo
    twitter: @Kikii_Rye
    domisili: Sidoarjo, SUB

    ReplyDelete
  24. nama: Fasa Febrianisa
    Link Share: https://twitter.com/Fasa_Febrianisa/status/813561518633545728 nama GFC : FASA FEBRIANISA
    Twitter: @Fasa_Febrianisa
    tempat tinggal: Kab.Malang,Malang,Jawa Timur

    ReplyDelete
  25. nama: Leny
    Link Share: https://twitter.com/Lynlainy17/status/813590006736392192
    nama yang kamu pakai untuk follow GFC: Lynn Lenie
    Twitter: @Lynlainy17
    tempat tinggal: Rantau, Kalimantan Selatan

    ReplyDelete
  26. Rini Cipta Rahayu
    https://mobile.twitter.com/RiniCipta/status/813781368261873664
    GFC : Rini Cipta Rahayu, email rinspiration95@gmail.com
    Twitter @rinicipta
    Malang, Jawa Timur

    ReplyDelete
  27. Nama: Regina
    Link Share: https://twitter.com/inase_michaelis/status/814390726419103744
    Nama untuk follow (GFC dan Twitter): Regina Kencono Putri dan @inase_michaelis
    Tempat tinggal: Sidoarjo

    ReplyDelete