Sunday, 25 September 2016

Blog Tour, Book Review | Wonder Fall - Elektra Queen


Judul Buku : Wonder Fall
Penulis : Elektra Queen
Penerbit : Twigora
Tahun Terbit : 2016
Cetakan Pertama, Juli 2016
Editor : Alit Tisna Palupi
Designer Sampul : Dwi Anissa Anindhika
Penata Letak : Gita Mariana
Desain Stiker : Gita Mariana
Jumlah Halaman : 328 hlm
ISBN : 978-602-70362-6-0


"Terkadang, patah hati adalah prolog sebuah cerita cinta"


Book Sinopsis :

SHE SAID ...
Amelie Rashad memilih untuk menggigit lidahnya kuat-kuat ketimbang mengakui kalau debaran hebat jantungnya disebabkan oleh Zach Barata. Dia lebih suka melihat Zach sebagai atasan galak dan perfeksionis ketimbang sosok hangat yang juga begitu mudah akrab dengan putri semata wayangnya.

HE SAID ...
Hanya tinggal menunggu waktu saja hingga Amelie menyusup dalam ruang pribadi, menggedor keras-keras pintu hatinya. Alih-alih menyerah, sikap menentang perempuan itu membuat Zach bertambah penasaran. Ketika mengetahui status orang tua tunggal Amelie, ketertarikan itu kemudian menyublim menjadi rasa hormat.

IS IT LOVE?
Percik-percik perasaan di antara mereka kedua nyata adanya dan tak satu pun mampu menyangkalnya. Namun, ketika Zach siap untuk membuka hatinya, dia malah mendapati perhatian perempuan itu terbelah karena rencana perjodohan dengan kembaran mendiang suaminya. Sudikah Zach bersaing dengan laki-laki yang mengingatkan Amelie pada sosok dari masa lalunya? Atau, sebaiknya dia membiarkan saja hubungan mereka kembali seperti semula, selayaknya atasan dengan asistennya.

Keunggulan:

Wonder Fall adalah pemenang lomba menulis SWEET & SPICY ROMANCE yang diadakan penerbit Twigora tahun 2015 lalu, mengalahkan ratusan naskah lainnya.

Book Review :


"Ditinggal pasangan karena kematian... itu sungguh tidak mudah. Jika berpisah karena perceraian, tentu saja beda. Ada rasa benci, marah, murka. Perasaan seperti itu kadang memberi energi tambahan untuk mencari pasangan baru."  (hlm. 45)

"Atau malah membuat seseorang tidak ingin lagi mengenal cinta." (hlm. 45)

Amelie Rashad ditinggal suaminya pergi untuk selamanya, ntah ia harus bersedih atau malah sebaliknya. Tapi disisi lain walaupun suaminya meninggalkan banyak rahasia yang baru terungkap setelah kepergiannya itu Amelie tetap sangat mencintai, ayah dari anak semata wayangnya itu. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya Amelie bekerja di PT. Drisana sebuah perusahaan yang menghasilkan alat tulis. Amelie bekerja di bagian Departemen Administrasi dan keuangan dan ia sangat beruntung karena lingkungan tempat ia bekerja sangat nyaman dan teman-teman sekantornya pun sangat ramah dan bersahabat dengannya walaupun dengan status yang disandang Amelie tidaklah mudah untuk bekerja ditempat umum seperti itu. Selain teman-temannya yang ramah, Amelie juga mempunyai atasan yang sangat peduli terhadap bawahannya dan juga sangat pengertian.

Semenjak suaminya meninggal dan menyandang status janda, banyak perubahan yang di alami Amelie dalam hiudpnya. Dengan status seperti itu hidup Amelie tidaklah mudah, banyak hinaan dan pandangan negatif yang didapat dari orang-orang disekitarnya. Awalnya memang sulit tapi perlahan Amelie mulai terbiasa dengan gosip-gosip yang dikaitkan dengan dirinya jika Amelie sedang berbicara lama dengan seorang laki-laki tanpa terkecuali atasannya sendiri. Amelie hanya bisa menutup mata dan telinga seolah-olah tidak ada yang membicarakan tentang dirinya.

"Zach itu atasan yang oke. Kalau tidak, mustahil dia memimpin satu departemen dalam usia relatif muda." (14)

Di suatu hari atasannya, Jonas memberi tawaran kepada Amelie untuk menjadi asisten sementaranya Zach Barata yang merupakan kepala bagian Departemen Personalia dan Umum yang juga bawahan langsung atasan Amelie. Asisten Zach sebelumnya sudah pensiun dan Zach juga sudah tiga kali bergonta-ganti asisten karena tidak ada yang sesuai dengan kriterianya. Atasannya Amelie menganggap kalau Zach membutuhkan orang yang cekatan dan tahan banting dan itu sangat sesuai dengan diri Amelie. Dilain sisi Zach dikenal dengan sosok yang pekerja keras, dingin, bahkan ia mendapat julukan monster dari bawahannya sendiri. Dengan beberapa pertimbangan yang dipikirkan akhirnya Amelie menerima tawaran untuk menjadi asisten sementara seorang Zach Barata.

Zach mempunyai tuntutan yang tinggi untuk setiap pekerjaan yang dilakukannya dan itu berlaku juga untuk asisten sementaranya. Tapi seiring berjalannya waktu sifat dan karakternya Zach perlahan berubah terhadap Amelie. Sifat dinginnya mulai melunak. Yang awalnya hanya sebatas atasan dan asisenn perlahan berubah menjadi teman. Namun, secara perlahan tanpa mereka sadari pertemanan mereka mulai timbul rasa lebih dan nyaman satu sama lain. Apalagi saat melihat perhatian Amelie terhadap keponakannya Lionel yang dibawa seseorang ke kantornya membuat Zach yakin kalau Amelie adalah sosok yang ia cari selama ini. Bagaimana tanggapan Amelie terhadap perasaan Zach kepadanya? Apakah Amelie akan menerimanya?

"Kau mau saja hidupmu diatur orang? Atau kau sudah sangat tidak sabar ingin mneikah lagi, ya? Apa tidak ada orang lain yang memneuhi syarat menjadi suamimu hingga harus menikahi iparmu sendiri?"

Di satu sisi Amelie harus berhadapan dengan sifatnya Zach yang selalu berubah-ubah, beum lagi tuntutan dari mertuanya agar menikahi saudara ipar yang belum pernah dijumpainya itu dengan alasan demi kebahagaiaan anaknya, Elsa membuat pikiran Amelie semakin keruh. Karena dengan statusnya sekarang Amelie tidak hanya memikirkan dirinya sendiri untuk mencari pendamping hidup tapi juga anaknya yang masih kecil yang juga membutuhkan sosok ayah. Belum lagi dengan kedekatan anaknya dengan Zach yang semakin hari semakin dekat layaknya anak dan ayah.

Siapakah yang akan dipilih Amelie untuk menjadi pendamping hidupnya dan yang akan menjadi sosok ayah bagi anaknya, Elsa? Saudara iparnya sendiri atau Zach? Dan bagaimana dengan kelanjutan statusnya sebagai asisten sementaranya Zach?


Wonder Fall rasanya tuh seperti nano-nano, manis-asam-asin. Layaknya sebuah kehidupan, seperti itulah rasa novel ini. Membaca novel ini jadi lebih banyak tahu tentang semua hal, seperti arti sebenarnya sebuah kehidupan, pekerjaan, keluarga, persahabatan, bagaimana cara menyikapi gosip-gosip miring tentang masyarakat terhadap status seseorang, juga perihal tentang menjaga hati.

Alur ceritanya yang pas tidak membuat saya mudah bosan malah sebaliknya, ada dorongan untuk cepat-cepat bisa menyelesaikan bacaan novel ini. Di part awal membaca novel ini, saya sudah dibuat penasaran dengan sosok Zach yang dijuluki monster oleh bawahannya. Seperti kata pepatah; tdak ada asap kalau tidak ada api. Saya pikir awalnya sikap Zach terhadap karyawannya itu ada pemicu atau ada sebab kejadian sebelumnya sehingga Zach merubah sikapnya menjadi lebih dingin seakan-akan tidak tersentuh. Tapi sayangnya sampai akhir cerita saya tidak menemukan hal itu. Mungkin memang sudah seperti itu untuk karakter Zach yang dibuat oleh penulis. Namun, dibalik julukannya itu, untuk penggambaran sosok Zach saya sangat kagum dengan pemikiran penulis. Bahwa tidak ada manusia yang sempurna didunia ini. Zach memang sosok tampan yang sangat sempurna tapi dibalik kesempurnaannya itu ia memiliki sikap yang membuat orang-orang khususnya wanita menjaga jarak darinya karena sikapnya itu. Namun berbanding terbalik ketika Zach berhadapan dengan Lionel.

Diceritakan dari sudut pandang orang ketiga, Zach dan Amelie. Membawa kita menyelam ke alam pikiran dan perasaan mereka terutama Amelie. Sosok wanita yang terlihat kuat diluar padahal ia hanyalah sosok wanita rapuh yang banyak menyimpan beban di dalam dirinnya demi kehidupan yang dijalani bersama sang anak. Kita seperti melihat sosok yang sebenarnya dari seseorang dengan status seperti Amelie di kehidupan nyata. Saya menyukai dua tokoh utamanya Amelie dan Zach, masing-masing punya daya tariknya tersendiri untuk saya bisa menyukai mereka berdua. Kehidupan Amelie yang tidak mudah apalagi dengan status jandanya belum lagi dengan tanggapan-tanggapan negatif dari masyarakat ia tetap terlihat kuat, malah Amelie cuek-bebek aja terhadap gosip-gosip yang menimpa dirinya yang dianggap angin lalu itu. Ketegaran sosok Amelie inilah yang menjadi daya tariknya bagi saya. Sedangkan Zach saya suka dengan kejutan-kejutan yang dilakukan Zach untuk memperjuangkan cintanya. Ternyata dibalik sikapnya yang monster itu Zach juga sosok laki-laki yang So sweet banget. Tanpa mempedulikan rasa terkejut dari karyawannya ketika melihat sosok lain dari seorang Zach Barata. Dan apa yang dilakukan Zach ini yang menjadi favorite saya ketika membaca Wonder Fall, saya dibuat tersenyum dan membayangkan jika saya yang berada di posisi wanita yang sedang menjadi incaran Zach, hmmm, serasa saya sedang terbang menuju indahnya syurga ^-^ hehehe. Penasarankan dengan aksi kocak dan so sweet-nya Zach, langsung deh pesan novel Wonder Fall ini di toko terdekat biar rasa penasaran kalian segera terjawab.


Dan cara penulis mengungkapkan masa lalu mendiang suaminya Amelie secara perlahan-lahan membuat saya ketar-ketir menanti ada apa sebenarnya. Di satu sisi Amelie sangat mencintai suaminya tapi di sisi lain ada kebencian yang tersimpan untuk suaminya karena rahasia sang suami yang baru ia ketahui setelah suaminya meninggal. Tapi, setelah membacanya sampai akhir saya bisa mengerti kenapa Amelie bisa mencintai sekaligus membenci mendiang suaminya itu.

Untuk penyelesaian konfliknya saya rasa terlalu cepat seperti dipaksa harus segera diselesaikan. Kemunculan Inge dan Otto yang tiba-tiba lalu menghilang tidak diceritakan lebih, seakan-akan peran mereka hanya angin lalu untuk memberi warna sedikit didalam konflik antara Zach dan Amelie. Yang paling saya sukai disini adalah hubungan persahabatan antara Amelie dan Tara. Hubungan persahabatan yang memang seperti itu adanya, memahami satu sama lain tanpa harus mencampuri urusan masing-masing. Seperti Amelie yang tidak langsung bertanya apa yang sedang terjadi pada Tara, tapi ia menunggu dengan sabar sampai Tara mau menceritakan dan berbagi masalah yang sedang dihadapinya itu.

Book Trailer (sumber)

Secara keseluruhan novel ini sangat menarik. Karena novel ini mempunyai daya tarik tersendiri untuk dibaca. Apalagi terkhusus kalian untuk para perempuan, saya rekomendasikan banget novel ini untuk kalian semua. ^-^ (untuk para laki-laki juga jangan mau keduluan dengan para perempuan). Karena membaca novel ini saya menjadi tahu sisi lain dari seorang perempuan yang menyandang status janda.

"Tidak ada hal yang memalukan. Hanya ada dua orang yang saling jatuh cinta." (hlm. 322)

Bagai memakan nasi goreng pedas yang akan membuatmu terus melahapnya hingga akhir. Untuk babang Zach dan kakak Amelie Four thumbs up  ^-^


***

Seperti biasa, setiap Blogtour dari penerbit Twigora pasti ada challenge untuk setiap Host Blogtour-nya. Kali ini setiap Host-nya harus berpose semirip mungkin dengan cover buku Wonder Fall. Dan ini pertama kalinya bagi saya ikutan (deg-degan, pasti *serius loh ini,).
Dan ini dia,
Tadaaaaaa....
Ini adalah foto model pertamaku,


*Tetap stay tune di collection-of-book ya, karena tiga jam dari sekarang akan ada kuis untuk 1 orang yang beruntung.

23 comments:

  1. Ini, ini yang terlewat bagi beberapa host. Sosok seperti apa mediang suami Amelie itu. Dan bagaimana perasaanya terhadap mediang suaminya itu. Terjawab sudah. Tambah penasaran lagi pengen baca buku ini. :)

    ReplyDelete
  2. Seperti yang kamu bilang buku ini makin menunjukkan sisi lain seorang single parents. Penulis juga menyisipkan sindiran halus di awal kalau kehidupan setelah menikah itu tidak mudah. Sukses untuk blogtour perdananya Pida :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak. juga banyak pembelajaran yg bs diambil utk yg belum menikah atau yg akan menikah, agar tdk buru2 mengambil keputusan. Dan ada baiknya kita mengenal dulu sisi baik & sisi buruk pasangan, agar nantinya tidak kecewa.
      Amin.. Makasih kak Athaya :)

      Delete
  3. Aku terlalu penasaran dengan cerita yang memiliki tokoh utama wanita yang tangguh dan tegar di luar, tapi sebenarnya ia rapuh dan butuh sandaran. Menurutku buku ini mewakili semuanya, selain itu ada selipan kisah cinta, persahabatan, pekerjaan, keluarga dan sulitnya hidup dengan status yang sering kali dipandang buruk.

    Apalagi setelah tau ini novel juara pertama hasil lomba yang diadakan oleh TWIGORA, yang sudah pasti sebelum memikat para pembaca di rumah, tentu saja memikat para editor dan pembaca pertama naskah ini sebelum diterbitkan dan akhirnya menjadi jawaranya.

    Semoga bisa diberi kesempatan lewat blogtour ini, aamiin :) :)

    ReplyDelete
  4. Jadi sebenarnya Amelie punya rasa benci pada suaminya? Wah...baru tahu nih. Di review-review host sebelumnya tidak muncul bagian ini.

    Berarti ini yang membedakan kisah Amelie dengan kakakku - iya, aku merasa kisah Amelie adalah kisah kakakku yang dituliskan, mirip banget soalnya. Amelie mencintai suaminya tapi juga menyimpan kebencian dengan alasan yang entah apa, sedangkan kakakku, bahkan setelah menikah lagi dan punya anak lagi, masih menyimpan cinta yang sama besarnya untuk mendiang suaminya dan suaminya saat ini.

    ReplyDelete
  5. Owalah... Zach Barata. Kukira nama panjangnya beneran Zachary lho kayak yang disebutkan di post wawancara sebelumnya. Sedingin dan segalak apa ya Zach ini? Sama kayak Rangga di AADC atau malah lebih parah? :D

    ReplyDelete
  6. baca review dri bbrpa host blogtour sebelumnya smpai skrg, sedikit demi sedikit malah dibkin penasarn disni dibilang ada rahasia suaminy Amelie, bner" penasaran apa itu rahasianya??

    ReplyDelete
  7. Perjuangan Amelie sebagai orangtua tunggal memang tak mudah,apalagi hidup di masyarakat yg notabene memandang negatif predikat janda. Padahal siapa sih yg mau jadi janda?Semua orang pasti berniat menikah sekali seumur hidup,tapi jika takdir berkata lain mau bagaimana lagi.
    Disini Amelie tidak hanya memikirkan dirinya saja tapi juga Elsa,anaknya semata wayang.
    Penasaran dengan Amelie,kenapa bisa mencintai tetapi sekaligus membenci mendiang suaminya,apa yg terjadi.
    Jadi saya kira Zach harus berusaha keras memperjuangkan cintanya. Disaat bersamaan Amelie ditekan mertuanya untuk menikahi iparnya. Pasti bukan perkara yg mudah buat Zach untuk meyakinkan Amelie agar memilihnya.
    Semangatlah pokoknya buat Zach dan Amelie. Saya tak pernah bosan dengan kisah romance yg meskipun sering dibahas tapi selalu berhasil membuat saya senang dan ingin terus membaca.

    ReplyDelete
  8. Fix jadi penasaran,walaupun sudah lebih dari puluhan novel yang saya baca tentang tema seperti ini tapi tetep bikin saya tertarik,karena kehidupan setelah menikah itu tidak mudah apalagi dengan kehilang suami.

    ReplyDelete
  9. Fix jadi penasaran,walaupun sudah lebih dari puluhan novel yang saya baca tentang tema seperti ini tapi tetep bikin saya tertarik,karena kehidupan setelah menikah itu tidak mudah apalagi dengan kehilang suami.

    ReplyDelete
  10. Kehidupan seorang janda bonus single parent (mungkin) menarik sekaligus sensitif untuk dibahas. Karna di dalamnya akan ada cerita-cerita lain yang ngga kentara dari luar.
    Aku penasaran bagaimana manis dan pahitnya kehidupan dari kacamata seorang janda cantik--Amelie.
    Ehiya, kehidupan rumah tangga Amelie bersama mendiang suaminya sepertinya cukup menarik untuk dikulik. Kujadi penasaran juga.~

    ReplyDelete
  11. Kehidupan janda sensitif sih ya untuk dibahas. Tapi menarik untuk diikuti. Karena pasti ada hal-hal yang nggak akan pernah kita tahu selain dengan mengenal sosok itu lebih dekat

    ReplyDelete
  12. "Terkadang, patah hati adalah prolog sebuah cerita cinta"
    Ooh, kata-katanya itu lo! Bikin baper. Jadi greget dengan ceritanya yang gak bisa di tebak. Konfliknya bertebaran dan cara penulis menyelesaikan masalahnya menjadi poin plus yang semakin membuat novel ini menarik untuk di baca.

    ReplyDelete
  13. "Kau mau saja hidupmu diatur orang? Atau kau sudah sangat tidak sabar ingin menikah lagi, ya? Apa tidak ada orang lain yang memenuhi syarat menjadi suamimu hingga harus menikahi iparmu sendiri?"

    Kalau boleh saya tebak, apakah quote itu diucapkan oleh Arianna (adik Amelie)? Soalnya dari yang saya baca juga di review host lain, Arianna itu orangnya lumayan blak-blakan dan sangat gemas dengan kakaknya sendiri yang kadang terlalu plin-plan dan penurut. Hehe.

    Saya jadi ngebayangin kalau berada di posisi Arianna. Apakah saya masih sanggup buat ketemu dengan si ipar yang mukanya mirip banget sama mantan suami yang sudah meninggal? That must be tough for Amelie. Apalagi si Ryan masih nyisain rahasia gitu kan pasca dia meninggal. Duh duh duh.... rahasia tentang apa ya itu? :O

    ReplyDelete
  14. Betapa menjadi ibu tunggal emang nggak mudah. Dan gimanapun juga semestinya mereka bukannya harus dianugerahi tudingan yang nyap-nyap nggak enak. Tapi, penilaian yang pukul rata dan mendarah daging gitu nyatanya emang nggak mudah buat diubah. Seenggaknya jangan nambahin beban mereka dengan mulut-mulut itu lah. Kehidupan mereka udah cukup rumit dan nggak seenteng rantang nasi. Sumpah. Aku harap cerita ini juga bisa memberi sedikit perubahan buat orang-orang yang masih tahan sama kekolotannya.

    ReplyDelete
  15. Jika mbal Pida mengatakan bahwa novel ini cocok untuk kaum perempuan, biar banyak belajar tentang hidup rumah tangga. Saya berbeda pendapat, novel ini juga harus dibaca laki-laki supaya laki-laki tahu betapa tidak enaknya jadi seorang single parent.

    ReplyDelete
  16. Pada review ini disebutkan ada rahasia dari mendiang suami Amelie.
    Menambah daftar kepo-an dan penasaran dari kisah ini.

    ReplyDelete
  17. baca review aja sudah terbawa akan perasaan Amelie yang begitu sediah dan galau akan jalan kehidupan yang telah digariskan untuknya.
    Apalagi kalau bisa membaca seluruh kisahnya.

    ReplyDelete
  18. Wow makin penasaran baca kisah lengkapnya...Reviewnya lengkap banget. Suka dehh.
    Aku menangkap sedikit pesan yg coba disampaikan penulis lewat novel ini, bahwa single parent gak boleh dipandang sebelah mata.

    Btw, ternyata ini blogtour perdana Pida ya? Sukses yaa.

    ReplyDelete
  19. Nggak semua single parents itu punya bagian yg negatif. Padahal mereka ini manusia paling kuat, menjalani kehidupan secara mandiri, belum lagi kalau dia menjadi tulang punggung keluarga.

    Jadi pengin baca novelnya >_<

    ReplyDelete
  20. Ya, seperti apa yang dibilang Kk Pida, sepertinya novel ini tidak hanya menghibur, tapi juga membuat pembacanya secara perlahan memahami ttg status janda yg pada dasarnya tidak mudah ini, juga menghilangkan gosip2 miring ttg mereka.

    Aku yakin sekali pasti novel ini juga bertujuan untuk memperbaiki konotasi janda yang terbilang buruk di kalangan masyarakat. Semoga dengan adanya novel ini kita bs lebih menghargai dan memahami sesama ya. Terutama dg mereka yang menyandang statis single parent. Dan semoga pesan yg ingin disampaikan penukis benar2 bs diterima pembaca. Aamiin.

    Oya Kk Pida, photo challenge-nya kereenn hihi

    ReplyDelete
  21. Amelie - sosok yang menurut persepsiku tegar dalam menjalani arah takdir kehidupan. Selalu berkaca-kaca setiap membayangkan seorang perempuan yang hidup dengan kapasitas sebagai ibu merangkap ayah bagi anaknya. Entahlah. Gak jelas kenapa, aku selalu iba dengan ini. Nah, melalui Wonder Fall sepertinya yang ingin disampaikan kk Elektra yaaa tentang gak enak menjanda dan di sisi lain juga kk Elektra pastinya ingin membuka kadar pemahaman masyarakat mengenai hal tersebut. Sangat berharap bisa memiliki buku ini. Aamiin.

    ReplyDelete