Sunday, 25 September 2016

Blog Tour, Ask Author | Wonder Fall - Elektra Queen


Haii BookLovers...

Alhamdulillah ini kali pertama aku diberi kesempatan untuk bekerja sama dengan Penerbit Twigora dalam rangka BlogTour Novel terbarunya yaitu Wonder Fall karyanya Elektra Queen dengan para Host Blogger buku lain tentunya. Sedikit banyak informasi untuk kalian yang belum mengetahuinya, pada tahun 2015 lalu Penerbit Twigora membuat Kompetensi Menulis Sweet & Spicy Romance 2015. Dan novel Wonder Fall ini yang menjadi pemenang sebagai juara pertamanya, mengalahkan ratusan naskah lainnya. Untuk tahun 2016 ini Penerbit juga mengadakan kompetensi yang sama untuk sesi kedua, Sweet & Spicy Romance: Bad Boy. Ada yang mau ikutan? Semua persyaratannya ada di situs web-nya Twigora bisa langsung cek disana. Siapa tahu kamu selanjutnya yang bakal mengikuti jejaknya kak Elektra Queen *bantu promosi biar nambah pahala (dalam bentuk apapun) ^-^.

Keberuntungan lain yang aku dapatkan di blogtour ini adalah aku diberi kesempatan untuk mengajukan 5 pertanyaan langsung kepada kakak penulisnya loh. Penasaran dengan apa saja yang aku tanyakan sama kak Elektra Queen? Yuuukkk capcuuuusss...

Haloo kakak Elektra, ini dia 5 pertanyaan dariku:

Bagaimana perasaan kakak terpilih sebagai juara pertama di Kompetensi Menulis Sweet & Spicy Romance 2015 yang diadakan oleh Penerbit Twigora?

Halo Pida, terima kasih untuk pertanyaannya. Saya akan jawab satu persatu, ya :)

Perasaan saya saat tahu Wonder Fall menjadi juara, tidak bisa diuraikan dengan kata-kata. Terlalu bahagia. Tangan saya sampai tremor saat membaca nama saya di pengumuman pemenang yang dikirim Twigora via e-mail. Setelahnya, saya lompat-lompat setelah memastikan tidak salah baca. Rasanya campur aduk : takjub, tidak percaya, bahagia. Tapi yang pasti ada satu kelegaan. Tulisan saya diapresiasi sebesar ini. Artinya, saya dianggap cukup bisa menulis. Hal itu menjadi komplimen luar biasa karena saat itu saya sedang tidak percaya diri untuk urusan menulis.

Wawww, SELAMAT untuk kak Elektra... aku jadi ikutan ecxited nihh dengan jawabannya kakak *aku ikutan deg-degan (EH?). Pasti luar biasa banget yaa *yaiyalah. Mungkin kalau aku ada di posisinya kak Elektra (ngarep banyak ^-^) di tanya seperti itu, aku bakal jawab 'sseneeeenng banget.. sangking senangnya sampai susah diungkapin dengan kata-kata cuma bisa melalui ekpresi  aja. heheheh.. Oke abaikan. Next pertanyaan.

Terpikirkan tidak sebelum ngirim ke penerbit (untuk dilombakan), kalau kakak yang bakal terpilih menjadi pemenangnya?

Sama sekali tidak terpikirkan kalau nantinya akan jadi pemenang. Saya ikut lomba karena ingin menantang diri sendiri karena selama ini tidak punya nyali untuk mengikuti ajang semacam ini.

Nahh, ini nihh bisa diikutin jejaknya kak Elektra. Niat awal untuk ikutan lomba berpengaruh besar niih untuk jadi juara (maksudnya jangan keduluan dengan sifatnya manusia yaitu sombong). Seperti kak Elektra niat awalnya karena ingin menantang dirinya sendiri. Kalau kalian *misal nih, ikutan lombanya juga, niat awal kalian apa? (aku kepoo ^-^) Kalau niat aku? Hanya Tuhan dan aku yang tahu *tertawa bahagia. Oke next...

Pertama kali terlintas ide cerita tentang Wonder Fall ini terinspirasi dari apa/siapa (mungkin)?. Atau ada kejadian tertentu yang menginspirasi kakak untuk membuat cerita Wonder Fall?


Percaya atau tidak, Wonder Fall ini terinspirasi dari nama Zach. Saya pengin membuat cerita dengan tokoh utama bernama Zachary. Setelahnya, ide cerita muncul belakangan.

Hmmm... Nama Zach memang keren (apalagi sosok dan karakter di novelnya. Walah-walah buat hati aku meleleh tak terbentuk *tidak tertebak sama sekali ^-^) 

Apakah Wonder Fall hasil karya pertama kakak dalam menulis sebuah cerita?

Wonder Fall bukan karya pertama.

Makin penasaran dengan karya-karyanya kak Elektra Queen. Apalagi di Ask Author-nya kak Sulis aku baca kalau kak Elektra Queen ini pernah nerbitin novel lainnya juga tapi memakai nama yang berbeda, Kalian booklovers penasarankan novel yang udah terbit itu apa dan nama yang dipakainya itu? Sama aku juga.

Bagi tips dan pengalamannya dong kak, untuk teman-teman kita yang ingin membuat sebuah cerita. Apa yang harus dilakukan pertama kali untuk bisa menuangkan idenya dalam sebuah tulisan yang kemudian menjadi sebuah cerita yang menarik untuk dibaca? Ada nggak langkah-langkah tertentu?


Kalau saya, terbiasa membuat garis besar cerita atau outline terlebih dahulu. Tujuannya, supaya saya punya semacam "pagar" dan mencegah tulisan keluar jalur. Soal ide apakah bisa menjadi cerita yang menarik atau tidak, saya tidak bisa komentar. Karena standar "menarik" itu tidak sama untuk tiap orang. Yang jelas, saya selalu berusaha menulis kisah yang membuat saya bahagia dan senang saat menulis dan membacanya.

Salam,
 Elektra Queen

Gimana? Ada yang tertarik untuk mencoba tips dari kak Elektra yang satu ini. Selamat mencoba ya^-^.

Yeyy itulah sesi wawancara singkatku dengan kak Elektra Queen. Masih ada yang belum puas? Tenang, masih ada sesi wawancara lainnya bareng 9 Host BlogTour #WonderFall dengan tiap pertanyaannya yang pasti berbeda-beda. Semoga jawaban dan tips dari kak Elektra Queen bisa menginspirasi kita semua untuk terus berkarya ya.

Tentang Penulis:
ELEKTRA QUEENMenyukai novel romance dengan akhir yang bahagia dan komik sains. Agak terobsesi pada kuman, (mungkin nyaris) menderita obsessive compulsive.
Penyuka film dokumenter, drama korea, dan film superhero. Penggila pantai, pemandangan matahri terbit dan terbenam. Terobsesi pada Santorini dan London.


***
Tetap terus pantengin Blog Tour Wonder Fall di collection-of-book yaa, karena selang tiga jam dari sekarang bakalan ada Book Review dan Giveaway buku Wonder Fall.

Kalian juga bisa mengikuti rangkaian Blog Tour buku Wonder Fall ini di beberapa blogger buku lainnya lohh. Berikut jadwal Blogtournya;


15 September: Sri Sulistyowati >> http://www.kubikelromance.com/

17 September: Afifah Mazaya >> www.theladybook.com

19 September: Asri Rahayu MS >> peekthebook.blogspot.co.id

21 September: Shen Meileng >> thecutegeek.blogspot.co.id

23 September: Martina Sugondo (Nana) >> http://glasses-and- tea.blogspot.co.id/

25 September: Pida Alandrian >> https://collection-of- book.blogspot.co.id/ (di sini)

27 September: Neneng Lestari >> http://ntarienovrizal.blogspot.co.id/

29 September: Athaya Irfan >> http://theboochconsultant.blogspot.co.id/

1 Oktober: Oktabri Erwandra >> https://irbatko.wordpress.com/

3 Oktober: Luckty Giyan Sukarno >> https://luckty.wordpress.com/

25 comments:

  1. Pertanyaan yang belum terjawab adalah siapa sebenarnya Elektra Queen ini. Namun ya sudahlah, kita sebagai pembaca boleh dong untuk menikmati karya-karyanya saja. heheh

    ReplyDelete
  2. Baru tau juga ternyata ka Elektra pernah menulis dan menerbitkan buku sebelumnya, dan juga dengan nama berbeda. Jadi pengen tau nama dikarya sebelumnya dan yang pasti karya ka Elektra yang ppernah diterbitin. Beberapa kali baca reveiw novel ka Elektra ini aja udah bikin penasaran dan mupeng akut, bagaimana dengann karya sebelumnya ya???

    Ngomong-ngomong pertanyaan Pida mewakili pertanyaanku nih :D kalo boleh lebih dari 5, jaminnn, pasti makin banyak juga pertanyaan yang samanya, hehehe :D

    ReplyDelete
  3. Oh... jadi kepanjangan nama Zach itu Zachary ya. Aku baru pertama kali lho denger nama ini ehehe~ Kenapa si penulis suka banget dengan nama ini sampe akhirnya menginspirasi untuk membuat novel Wonder Fall? Is there something special? :D

    ReplyDelete
  4. Kalau aku ikut lomba mungkin lebih kepada ingin tahu bagaimana penilaian orang lain terhadap tulisanku. Soalnya selama ini cuma dikekep sendiri...hehe

    ReplyDelete
  5. penulisnya misterius, hehehe..
    penasaran dengan nama aslinya penulis.

    ReplyDelete
  6. Makin penasaran dengan kak Elektra Queen. Misterius ya. Hari gini orang nyari kepopuleran dengan menghalalkan segala cara. Tapi ka Elektra membuktikan dirinya dengan karya. Bahkan sebagai pemenang pertama di kompetisi bergengsi Twigora saya lihat tetap rendah hati(terbukti nama aslinya aja kita ngga tau). Padahal tulisannya bisa ngalahin ratusan naskah lainnya,bagi saya itu AMAZZING.
    Makasih tipsnya kak,tapi aku pembaca sejati,he..he..😊ntar kalo semua jadi penulis,siapa yg membaca

    ReplyDelete
  7. Elektra dengan karya-karyanya itu keren banget.. ^_^

    ReplyDelete
  8. Temenku ada yang namanya zachariah,ganteng lagi,jadi penasaran zach yg di novelnya kak elektra sayang belum punya novelnya πŸ˜‚

    ReplyDelete
  9. Temenku ada yang namanya zachariah,ganteng lagi,jadi penasaran zach yg di novelnya kak elektra sayang belum punya novelnya πŸ˜‚

    ReplyDelete
  10. WAHAHAAA. Kak Elektra sama kayak Ilana Tan, ya? Penulis terkenal tapi misterius. Jangan-jangan...... kalian satu orang?!!!!!

    Jarang ada orang terkenal yang mau nutupin jati diri sendiri. Proud of you, Kak~~~

    ReplyDelete
  11. "Wonder Fall bukan karya pertama."

    Duh jawaban ini makin bikin penasaran. Teka-teki siapa Elektra Queen ini susyah untuk dipecahkan.~

    ReplyDelete
  12. Zach kok berasa inget nama tokoh di novel lain ya? Pembalap sih cerita.

    ReplyDelete
  13. Zach kok berasa inget nama tokoh di novel lain ya? Pembalap sih cerita.

    ReplyDelete
  14. Jadi pengen ikutan lomba juga. Siapa tahu busa kayak Kak Elktra 😁😁

    ReplyDelete
  15. Wuuuihh, hebat deh buat kak Elektra. Sempet gak percaya sama kemampuannya tapi akhirnya tetap maju dan pantang mundur. Dari semua wawancara kak Pida dengan semua pertanyaan amazingnya sih aku simpulkan kalau kak Elektra strong dan gak gampang nyerah. Hihi πŸ˜€πŸ˜€

    ReplyDelete
  16. "Soal ide apakah bisa menjadi cerita yang menarik atau tidak, saya tidak bisa komentar. Karena standar "menarik" itu tidak sama untuk tiap orang. Yang jelas, saya selalu berusaha menulis kisah yang membuat saya bahagia dan senang saat menulis dan membacanya."

    Iya, yang ini saya setuju. Tapi meski pun sudah bikin cerita yang bikin saya bahagia, ternyata tetap saja bagi orang lain malah biasa saja. Di situ kadang saya merasa sedih. :(( Memang balik lagi soal selera sih ya. tapi kalau buat Wonder Fall, saya yakin ini memang sukses bikin semua yang bacanya juga ikutan bahagia. Nih buktinya jadi juara lomba :D

    ReplyDelete
  17. Aku selalu nunggu-nunggu sesi ini. Rame soalnya ih. Sejauh ini udah lebih dari 20 ask author dari semua host dan aku masih tetep penasaran aja. Oke, aku penasaran dengan sosok 'siapakah Elektra Queen' ini? Tapi itu bisa dibendung. Yang nggak bisa itu kayak apa sih Zachary itu? Duh. Duh. Duh.

    ReplyDelete
  18. Wah jadi ini adalah novel juara dari sebuah kompetisi, bagus nih... pengen sih.

    ReplyDelete
  19. Pengen tahu juga niy karya kak Elektra Queen sebelum Wonder Fall ini.
    Kalo boleh tanya kenapa merubah nama penulis dari nama sebelumnya?

    ReplyDelete
  20. selalu suka baca ask author karena bakalan ada tips jitu dari penulis sendiri yang membuat tambah semangat untuk menyelesaikan tulisan yang terbengkalai dan semakin menambah puing-puing keberanian untuk mengirimkan naskah tulisan yang siap nanti.

    ReplyDelete
  21. Akun sosmed kak elektra queen apa nih, pida? hihii. penasaran gimana sosok penulis wonder fall ini😊

    ReplyDelete
  22. Resep dari Kak Queen mayan nih buat dipraktikkan, dan duh bener kata Kak Queen, kalau ikut lomba harusnya lebih untuk menantang diri sendiri dan mengasah kemampuan, biar kalau memang jatuhnya nggk sombong 😁

    ReplyDelete
  23. Ciieeee selamat nih Kk Pidaa udah dipercaya Twigora untuk jadi host blogtour. Weheee. Moga sering2 deh.

    Oya, kita ternyata sama2 penasaran ya dg identitas asli Elektra Queen. Hmmm kira2 siapa ya??? Aargghh aku kepoo abis, hehe.

    Selain itu, dari postingan interview di atas,,semoga bisa menambah semangat kita untuk berani berkarya lewat menulis. Seperti elektra queen yang berhasil memotivasi kita semua dari keberhasilannya menjadi juara 1 di kompetisi menulis Twigora.

    Sukses selaluuu!

    ReplyDelete
  24. Waaah, salut sama kk Elektra, niat awal ikut lomba hanya untuk menantang diri dalam berkarya. Murni banget. Mungkin kalau aku diposisi beliau udah ciut duluan dah, pesimisnya kambuh. Huhu. Semakin penasaran dengan karya kakak ~_. Sebuah motivasi hebat untuk diikuti. Kk Elektra menjadikan lomba menulis sebagai tantangan untuk masa depan kepenulisannya. Amazing. I hope have it.

    ReplyDelete