Monday, 1 August 2016

Book Review | Revan & Reina - Christa Bella

Revan+%26+Reina+2.jpg (280×400)

Judul Buku : Revan & Reina
Penulis : Christa Bella
Penerbit : Ikon | Imprint Penerbit Serambi
Penyunting : Suci Amanda
Penata Letak : Nurhasanah Ridwan
Desain Cover : Abdul Gafur
Cetakan 1, Juni 2016
Jumlah Halaman : 286 hlm
ISBN : 978-602-74653-0-5
Harga Buku : IDR. 58.500 (di Bukupedia.com)



Book Sinopsis :

Dari penulis populer Wattpad dengan sejumlah karya yang dimulai di media tersebut, di antaranya Cherry Blossom, Daradevil, L'Eternite et Apres, First Time, dan Flummoxed.

Pandangan Reina dan Revan beradu. Dan, hal pertama yang mampu gadis itu lakukan adalah memejamkan kedua matanya sambil menghirup udara sebanyak mungkin. Sementara ia menyusun kata demi kata untuk mengurai penjelasan, justru Revanlah yang pertama kali membuka mulut. Memecah keheningan yang janggal. Meski begitu, ekspresi Revan terlihat muram.

"Gue ngerti kok, Na. Tanpa lo jelasin pun, gue bisa mengerti," Revan melempar pandangannya ke arah lain. " Karena itu satu-satunya hal yang mesti gue lakukan ketika dia kembali."

Reina masih terdiam. Perasaannya teraduk-aduk.
***
Sebab Revan percaya, hati yang terluka hanya perlu waktu untuk sembuh.
Namun, bukanlah rasa kerap berjalan beriringan dengan anomali?
Kini, kebahagiaan pun masih bertumpu pada ketidakpastian.

Sejak ditulis Wattpad hingga kini, Revan & Reina telah memasuki jajaran karya rekomendasi, dibaca lebih 4 juta kali, menerima 260 ribu bintang, dan 55 ribu dukungan suara.

--------------------

Book Review :

"Ada tiga hal di dunia ini selain kopi hitam yang tidak pernah mengecewakan Revan; 
senja, lampu-lampu kota, dan Reina."

Revan mengenal Reina sejak ia kecil, dan ia pun selalu mengikuti kemanapun Reina pergi. Bagi Revan, Reina adalah sosok kakak yang selalu ada untuknya. Kedekatan mereka berdua semakin intens menjadi yang dari awalnya hanyak sebatas kakak-adik menjadi hubungan sepasang kekasih. Walaupun usia Reina dengan Revan terpaut hingga 3 tahun tidak membuat mereka mempermasalahkan hal tersebut. Karena bagi Revan, Reina adalah segala-galanya.

"Aku suka kamu, ian. Tapi masalahmu itu kamu terlalu baik. Kamu terlalu baik ke semua orang sampai kamu sendiri nggak bisa menjawab apakah kamu memiliki perasaan yang sama terhadap aku atau tidak. Dan, aku nggak akan pernah menjadi lebih dari seorang teman untuk kamu." (hlm. 199)

Di satu sisi Reina masih dibayang-bayang oleh sosok masa lalunya yang belum terselesaikan. Fabian yang meninggalkannya tanpa alasan dan kejelasan yang jelas tentang hubungan mereka. Karena pada dasarnya hubungan mereka tidak pernah dimulai. Dan itu semakin membuat Reina bingung.

"Pasti akan selalu ada cara untuk kembali ke rumah. Serumit apapun jalan yang harus mereka tempuh demi mencapainya. (hlm. 271)

Revan menyadari kalau Reina masih belum bisa melupakan sosok Fabian - masa lalunya. Karena pada saat Reina sedang terpuruk karena hubungannya dengan Fabian yang tidak berujung, Revan selalu ada di samping Reina. Revan selalu ada kapan Reina membutuhkannya. Revan malah mengijinkan Reina untuk menyelesaikan masalahnya dengan Fabian. Karena ia percaya kalau Reina akan kembali ke sisinya, apapun yang terjadi.

"Kenapa sih cewek suka mengada-ada? Saat ada seorang cowok yang baik ke mereka, cewek langsung berpikir kalo cowok itu suka sama mereka. Lalu, mereka pun menciptakan harapan yang bahkan seharusnya nggak ada. They always twist it into something else." (hlm. 252)

Di sisi lain, ada Dira yang merupakan adik kelas Revan di sekolahnya yang salah mengertikan semua bantuan yang dilakukan Revan terhadapnya. Sehingga menimbulkan kesalahpahaman yang terjadi antara Dira dan Revan. Dan yang mengejutkan bagi Revan dan Reina adalah bahwa Dira mempunyai hubungan yang sangat dengan dekat dengan Fabian yang tak lain adalah masa lalunya Reina.

--------------------

Novel Revan & Reina merupakan novel wattpad kedua yang aku baca. Novel yang masuk di berbagai cerita rekomendasi yang ada di Wattpad.

Daya tarik dari novel ini sendiri ada pada sosok Revan dan teman-temannya. Tingkahnya yang childish, omongan - kalau lagi chatting sama in the genk dan Reina - dan tangannya yang selalu mengandung typo membuat para in the genk (Angga, Bagas, dan Aldo) kerap mengejeknya dan disini benar-benar terhibur banget dengan tingkah-tingkah konyol mereka. Walapun tingkah Revan yang seperti tidak pernah menganggap apaun yang sedang dibahas serius, Revan juga kadang bisa bertindak sangat dewasa ketika berhadapan dengan Reina. Revan mempunyai ciri khasnya tersendiri untuk bersikap manis dengan Reina.

"Nana Dalam" merupakan panggilan sayang Revan ke Reina. Hal itu sering membuat Reina kesal dengan Revan yang selalu memanggilnya dengan sebutan itu. Awalnya saya bingung dan berpikir juga makna dari panggilan tersebut. Dan alhasil, bener-bener bikin ngakak. Karena makna dari panggilan tersebut adalah CE**NA DA***. Ya wajar sih kalau si Reina-nya kesal kalau dipanggil dengan sebutan itu.

Untuk konfliknya, saya kurang mendapatkan feel-nya. Dan jujur saya malah merasa jenuh dan bosan dengan konfliknya. Nggak terselesaikan sama sekali, serasa kayak di gantungin , lalu tiba-tiba terpecahkan begitu saja masalahnya. Padahal kalau dari sudut pandang saya, kalau kemunculan Fabian yang tiba-tiba ini bisa menghidupkan suasana ketegangan antara hubungan Revan dan Reina dan pasti konflik yang terjadi pun bakal lebih hidup.

Saya sangat suka dengan tampilan layout-nya yang terdapat di setiap lembar novel ini, membuat bukunya lebih hidup dan menarik ketika sedang membacanya. Dan untuk cover-nya saya masih belum mendapatkan hubungan antara jalan cerita Revan dan Reina dengan jembatan yang ada di dekat gedung-gedung tinggi dan terdapat seseorang yang duduk dibawahnya. Walaupun secara keseluruhan cover-nya bagus.

Overall, aku menyukai cerita ini (apalagi interaksi antara Revan, Reina dan teman-temannya). Novel ini aku rekomendasikan untuk kamu yang sedang mencari bahan bacaan tentang sekolah, apalagi yang sedang ingin mengenang kisah-kisah yang ada di sekolah dulu. Novel ini juga sangat cocok untuk di baca oleh kalangan para remaja.

Untuk rating-nya 2 dari 5 bintang.

"Cinta itu sebenarnya sederhana. Namun, seringkali manusia selalu mengubahnya menjadi sesuatu yang rumit." 

Book Trailer Revan & Reina 


No comments:

Post a Comment