Friday, 19 August 2016

Book Review | Love In Adelaide - Arumi E


Judul Buku : Love In Adelaide
Penulis : Arumi E
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Editor : Donna Widjajanto
Desain Sampul : Orkha Creative
Desain Isi : Nur Wulan
ISBN : 978-602-03-2545-3
Harga Buku : IDR. 52.200 (di Bukupedia.com)



Book Sinopsis :

Aleska tak punya pilihan selain mengikuti ibunya memulai hidup baru di Adelaide, tinggal serumah bersama dua saudara tiri dengan karakter berbeda. Zach Mayers yang overprotective dan Sarah Mayers yang tak pernah bersikap manis.

Hidup yang sulit di Negeri baru terasa lebih ringan sejak Aleska mengenal Neil Wilkins, pemuda Australia berdarah Inggris-Aborigin. Rekan sekerja yang menyelamatkannya dari pemuda-pemuda mabuk ini sudah terbiasa menghadapi kerasnya hidup sebagai keturunan Aborigin. Dari kebersamaan, perlahan tumbuh perasaan yang sulit dicegah. Keduanya tak mampu berpisah walau ada jurang perbedaan besar di antara mereka. Kerumitan bertambah ketika Sarah secara terang-terangan mengoda Neil dan Zach tak bosan-bosannya mengingatkan Aleska tentang rambu-rambu agama yang tak boleh dilanggar.

Ketika masa tinggal Aleska di kota itu berakhir dan dia harus pulang ke Bandung, ada Tanya yang mengelayuti hatinya: Haruskah dia kembali ke Adelaide untuk memperjuangkan hubungannya dengan Neil? Apa pula misi Zach yang tanpa terduga menyusulnya ke Bandung?

--------------------
Book Review :


"Aleska, masa sih kamu kalah sama ibumu yang usianya dua kali lipat dari kamu?" (hlm. 2)

"Dan kamu malah meledek aku terus. Lihat ya, nanti aku bakal ketemu cowok Australia yang tergila-gila sama aku dan bisa bikin aku jatuh cinta sama dia."
"Yakin?"
"Yakin dong. Aku, kan, eksotis. Pasti bakal ada bule Australia yang naksir aku disana." (hlm. 3)

Love In Adelaide menceritakan tentang sosok seorang gadis yang berusia 22 tahun yang sudah hidup bersama ibunya bertahun-tahun. Namun, tiba-tiba ibunya memutuskan untuk menikah dengan seorang bule Australia duda yang mempunyai 2 orang anak, Mr. Abraham Mayers atau yang biasa dipanggil dengan pak Abe.

Sejak ayah kandungnya meninggal 10 tahun yang lalu, ibunya lah yang selalu jadi panutan bagi Aleska. Ibunya yang bekerja keras dengan menjual makanan buatannya sendiri sehingga menjadi usaha yang besar untuk membiayai semua kebutuhan hidup Aleska dan ibunya. Dan dari usahanya itulah ibu Aleska bisa berkenalan dengan pak Abe yang awalnya merupakan langganan tetap di usahanya tersebut.

Setelah menikah, ibunya memutuskan untuk mengikuti suaminya ke Adelaide dan menetap disana. Dan Aleska tidak punya pilihan lain selain juga mengikuti ibunya ke Adelaide dan menetap disana selama 1 tahun.

Kehadiran Aleska di Adelaide disambut baik oleh pak Abe. Namun berbeda dengan Sarah, anak kedua dari pak Abe, yang menyambutnya sangat tidak ramah dan ketus. Dan ternyata dibalik sifat yang tidak ramahnya itu Sarah menyimpan sebuah rahasia yang besar dan sangat mengejutkan bagi pak Abe sendiri. Berbeda dengan Zach Mayers anak tertua dari pak Abe yang awalnya terkesan cuek dan tidak peduli, namun perlahan-lahan berubah overprotective terhadap Aleska bahkan perhatiannya melebihi perhatiannya kepada sang adik kandung, Sarah.

Untuk memenuhi semua kebutuhannya selama Aleska di Adelaide, karena di Indonesia Aleska terbiasa hidup mandiri. Ia bekerja di salah satu Restoran khusus yang menyediakan menu Aisa yang bernama Asia Taste. 


"Jodoh memang nggak bisa ditebak." (hlm. 8)

"kita memang nggak bisa menduga apa yang akan terjadi bahkan semenit ke depan. Kita nggak pernah mengira akan bertemu dengan siapa. Kamu yang nggak pernah kemana-mana, bisa saja suatu hari nanti bertemu seseorang yang berasal dari kutub Utara." (hlm. 51)

Pertemuan dan perkenalannya dengan Neil Wilkins yang ternyata juga merupakan karyawan di Asia Taste, merubah semua pandangan Aleska terhadap Kota Adelaide. Kebersamaan yang terjalin antara Aleska dan Neil menimbulkan sebuah perasaan yang seharusnya tidak pernah ada. Mereka sama-sama tau kalau perasaan di antara mereka itu bukan sesuatu yang mudaj untuk diwujudkan. Karena diantara mereka terdapat penghalang besar yang tak dapat disatukan.

Kekhawatiran Zach akan kedekatan Aleska dengan Neil membuat Aleska jengah dengan sikap Zach. Terungkapnya rahasia yang dimiliki oleh Neil yang juga menjadi sumber kekhawatiran Zach, juga rahasia yang Sarah simpan dari keluarganya yang membuat Zach semakin ketat untuk menjaga adiknya termasuk Aleska.

Rahasia apa yang disimpan oleh Neil? Ketika visa tinggal yang dimiliki Aleska sudah berakhir, bagaimana dengan kelanjuntan hubungan antara Aleska dan Neil? Kenapa tiba-tiba Zach malah memutuskan untuk menyusul Aleska ke Indonesia?

"Dia tak tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Tapi, dia ingin memupuk harapan. Suatu hari, dia akan meraih kebahagiaan." (hlm. 207)

Love In Adelaide merupakan salah satu buku dari Around The World With Love seri pertama. Novel yang memperkenalkanku dengan seluk beluk kota Adelaide dengan penghuni kota yang beragam juga tentang perasaan cinta yang timbul karena adanya perbedaan agama maupun Negara.

Membaca novel ini membuat saya ikut merasakan bagaimana perasaan seorang Aleska ketika dihadapkan dengan Ibunya yang menikah lagi, kemudian kepindahan sementaranya ke Adelaide yang merupakan negara asing yang belum pernah dikunjunginya. Dan perkenalannya dengan sosok perhatiandan ramah seperti Neil membuat hidup Aleska lebih berwarna di Adelaide. Belum lagi diantara mereka timbul perasaan yang seharusnya tidak ada. Apakah semua kejadian yang secara perlahan-lahan datang ke hidupnya itu haruskah Aleska syukuri atau malah sebaliknya?

Diceritakan dari sudut pandang orang ketiga. Membuat saya memahami dari penggambaran tokoh-tokohnya secara langsung. Alur bacaannya yang ringan juga cara penggambaran kota Adelaide-nya yang menurut saya cukup bagus dan sangat menarik, membuat saya semakin penasaran dengan suasana asli-nya.

Hal yang membuat saya tertarik di novel ini adalah sosok Aleska yang tegar, yang mudah menyesuaikan diri di negara asing. Solidaritas penduduknya yang luar biasa. Juga cara Aleska memberi nasihat kepada Sarah, membuat saya terhanyut akan nasihatnya. Seakan-akan saya juga ikut dinasihatkan oleh Aleska kala itu. Tidak ada maksud untuk menggurui tapi cara penyampaiannya itu membuat kita memahami satu hal bahwa Alah mempunyai tujuan dan maksud untuk memberi kita kesempatan bisa memperbaiki diri kita sendiri dari kesalahan-kesalahan yang telah kita perbuat sebelumnya.

Membaca Love In Adelaide membuat saya banyak tahu tentang seluk-beluk kota Adelaide. Walaupun minoritas muslim, penduduk Adelaide tidak membeda-bedakan, semua diperlakukan sama dan mendapatkan hak yang sama. Dan juga berbagai macam kegiatan para generasi muda yang beragam, yang menurut saya tidak jauh berbeda dengan apa yang ada di Indonesia. 
Satu hal yang membuat saya takjub dan tertarik adalah aktifitas juga kegiatan-kegiatan yang ada di markas Boomerang. Berbagai kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh kaula muda untuk melatih bela diri, juga berbagai kegiatan lainnya juga ada disini. Kekompakan yang ada sungguh membuat saya bertanya-tanya, bagaimana cara mereka membentuk satu-kesatuan di aktifitas tersebut, dengan berbagai campuran suku?.


Secara keseluruhan novel ini sangat bagus dan bisa menambah wawasan kita tentang seluk-beluk kota Adelaide serta aktifitas-aktifitas yang dilakukan oleh para generasi mudanya.

Untuk novel ini saya beri 3.5 dari 5 bintang.

Berikut ini Book Trailer dari seri satu trilogi Adelaide, Sydney dan Montreal. Tentang kisah cinta beda Negara. Bagaimana mereka berjuang untuk cinta yang tulus.

Book Trailer Love In Adelaide by Arumi E


No comments:

Post a Comment