Tuesday, 30 August 2016

Book Review | Catatan Pendek untuk Cinta yang Panjang - Boy Candra


Judul Buku : Catatan Pendek untuk Cinta yang Panjang
Penulis : Boy Candra
Penerbit : Mediakita
Penyunting : Dian Nitami
Proofreader : Irwan Rouf
Desain Cover : Budi Setiawan
Penata Letak : Didit Sasono
Cetakan Pertama, 2014
Cetakan Kelima, 2015
Jumlah Halaman : 212 hlm
ISBN :979-794-487-5


Book Sinopsis :

Pada akhirnya, kamu hanya perlu mensyukuri apa pun yang kamu miliki hari ini. Walaupun yang kamu tunggu tak pernah datang. Walaupun yang kamu perjuangkan tak pernah sadar dengan apa yang kamu lakukan. Nikmati saja. Kelak, dia yang kamu cintai akan tahu, betapa kerasnya kamu memperjuangkannya.

Book Review :

Catatan Pendek untuk Cinta yang Panjang merupakan sebuah catatan berisi perjalanan cinta sang penulis -Boy Candra dan orang-orang di sekitarnya, yang dikemas melalui cerita-cerita pendek tentang kebahagiaan, kesedihan, kekecewaan dan keikhlasan. Buku ini juga merupakan buku ketiga sekaligus buku non-fiksi pertama yang di tulis oleh penulis yang diterbitkan Mediakita pada tahun 2014. 

Membaca buku ini serasa saya sedang membaca kisah saya sendiri karena ditulis seperti kita sedang menulis keluh-kesah kita di sebuah buku diary. Terdapat empat judul utama dengan masing-masing mempunyai judul dengan kisah/pengalamannya sendiri. Apalagi ditulis oleh seorang cowok yang notebenen-nya pasti -yang kita tahu- mengalami masalah percintaan yang biasa-biasa saja berbeda dengan kaum wanita, buku ini menurut saya memiliki daya tariknya sendiri. Bahasa dan penulisannya ringan, tidak bertele-tele. Ditulis memang seperti apa kenyataannya. Bahkan di kehidupan kita sendiripun tak jarang kita menjumpai hal yang seupa.

Dilihat dari tampilan bukunya yang dikemas dalam kotak yang menyerupai tas kecil dengan bentuk yang unik, juga cover-nya yang manis sesuai cocok dengan kisah-kisah percintaan yang ditulis oleh penulis dibuku ini. 

Novel ini sangat sangat cocok untuk dibaca semua kalangan. Orang yang sedang jatuh cinta, orang yang sedang mengalami patah hati, di sakiti-menyakiti, juga bagi yang mengalami kisah percintaan yang rumit. Karena di dalam novel ini banyak kalimat-kalimat yang membangun dan dapat memberi semangat juga memotivasi kepada para pembacanya. Selain itu, cara penyampaiannya juga tidak seperti sedang menggurui, sehingga cocok untuk dibaca oleh orang-orang yang tidak suka dengan bacaan yang berat. 

Dibalik kesuksesan juga semaenarik apapun sebuah buku pasti terdapat kekurangan sekecil apapun itu. Untuk buku ini karena layaknya kita seperti sedang membaca sebuah diary adakalanya kita mengalami kebosanan dan kejenuhan. Di beberapa bagian yang hampir mendekati akhir lembaran buku, pembaca akan menjumpai cerita/kisah yang serupa sehingga membuat saya ingin segera mengakhirinya. Namun dibalik sedikit kekurangannya itu, buku ini layak untuk kamu jadikan bahan bacaan kamu selanjutnya. Karena membaca buku ini menjadi kita tahu seperti apa sebenanya dunia yang katanya penuh warna-warni ini. Seperti halnya percintaan tidak semua mengalami hal yang indah. Ada saatnya juga menjadi hal yang buruk di kehidupan kita.

Untuk Bintang-nya saya beri 3 dari 5 bintang.


2 comments:

  1. Makasih udah berbagi reviewnya. Nambah referensi tentang buku bagi gue.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mukhsin..
      Semoga bermanfaat review-nya..
      & tetap semangat terus utk membaca buku ;)

      Delete