Monday, 14 March 2016

Book Review | Eternal Flame by *Dheean Reean *Kristina Yovita *Naya Corath *Nurisya Febrianti *Susi Lestari

Judul Buku : Eternal Flame
Penulis : *Dheean Reean *Kristina Yovita *Naya Corath *Nurisya Febrianti *Susi Lestari
Editor : Afrianty P. Pardede
Penerbit : Elex Media Komputindo
Tahun Terbit : 2015
Jumlah Halaman : vi + 293 hlm
ISBN : 978-602-02-7679-3
Rating : 4,5 of 5
Harga Buku : IDR. 54.800 (di Bukupedia.com)

*Buntelan GA #EternalFlame di blognya mbak Kiky

--------------------



Book Sinopsis :

Seorang Edo terluka karena cinta.
Seorang Dimas diombang-ambingkan cinta.
Tiga pria dewasa dengan karakter yang tak sama, 
mengungkapkan sisi yang berbeda.
Cinta.

Sekuat apa pun seseorang menghindarinya, 
dia akan tetap hadir. Entah memberikan rasa nyaman
atau luka hati yang menganga.
Karena cinta itu abadi.

--------------------
Book Review :

Eternal Flame. Novel yang dipersembahkan untuk semua orang yang mempercayai cinta, dan berjuang untuk mempertahankannya. Yang juga mengisahkan tentang tiga pria dewasa dalam menyikapi hidup percintaannya masing-masing dengan karakter yang berbeda-beda.

Edo yang terluka karena cinta. Ketika takdir sedang mempermainkan hidupnya melalui Sophia yang terengut paksa dari hidupnya. Edo yang selalu bermain Biola di sudut stasiun kereta api setiap hari, tanpa peduli dengan kehidupannya, kecemasan orang tua akan nasib anaknya terutama sang ibu. Edo yang belum bisa melupakan semua masa lalunya bersama Sophia.

Edo terus bermain tanpa mengindahkan sekitarnya. Banyak orang berkata Edo adalah seorang seniman yang haus akan perhatian, namun Rena tahu kebenarannya.
Edo sedang menunggu. Masih menunggu. (hlm. 11) 

Dimas yang terombang-ambing oleh cinta. Seakan takdirnya tidak mengijinkannya bahagia dengan Clara, sang kekasih. Sang ibu yang tidak menyukai wanita karir untuk pendamping hidup anaknya. Karena bagi ibunya seorang perempuan hanya untuk keluarga, memasak, mengurus rumah dan mengurus suaminya. Belum cukup kesengsaraannya. Ibunya malah menjodohkannya dengan Nurmalita, seorang wanita cantik Jawa yang sangat didam-idamkan oleh Ibunya. Dan mengakibatkan hubungannya dengan Clara terancam putus, karena seringnya mereka bertengkar dan beradu pendapat serta menahan ego masing-masing tanpa mau berkompromi satu sama lain.

Makanya, kalau berantem pake notulen. Biar tercatat jelas apa yang kalian ributin. (hlm. 203)

Apa yang harus dilakukan Dimas? Merelakan kekasihnya Clara dan menerima perjodohannya dengan nurma? Atau meyakinkan Ibunya untuk bisa menerima Clara sebagai menantunya sekaligus dengan profesi yang sedang di gelutinya?

Satria. Yang mengagumi sosok Rena secara diam-diam tanpa sepengetahuan orangnya, jangankan mengenal saling menyapa satu sama lainpun tidak. Cinta pertamanya. Satria sering melihat Rena sebagai penumpang setia di KRL CommuterLine di tempat ia bekerja sebagai seorang WALKA - Pengawal Kereta Api. Bagaimana satria bisa jatuh cinta kepada Rena. Yang ia tahu setiap ia memandang Rena, ada sesuatu yang bermunculan di tubuhnya, sebuah getaran.

Ada seseorang yang diam-diam menyukai.
Beberapa lainnya, terang-terangan menyatakan.
Segelintir berkoar-koar.
Sebagian mematahkan sendiri cintanya, hatinya. (hlm. 41)

Dan satria termasuk golongan yang pertama. Golongan yang diam-diam menyukai. Diam-diam memendam getaran yang ada di dalam tubuhnya. Dan dari hal sekecil apapun tentang Rena ia cari tahu dalam diam.

***

Novel dengan tema lagu dan cinta. Novel yang di buat berkolaborasi dengan 5 orang penulis yang berbeda-beda yang dapat menghasilkan cerita yang luar biasa ini. Dan terbentuklah satu kesatuan yang utuh dalam membuat beberapa kisah romantic yang dapat menguncang perasaan kita sebagai pembacanya.

Novel yang sangat luar biasa apik di susun oleh kelima penulis tanpa cela sedikitpun, bacaannya yang ringan, dan banyak pesan-pesan yang disampaikan melalui tulisan di dalam cerita ini yang berkaitan akan arti pentingnya sebuah hubungan dan cinta serta ketakutan dalam menjalin sebuah hubungan. Cerita ini memang sangat cocok menyandang pujian sebagai Outline Naskah Terbaik Workshop “Berbagi Cinta Lewat Kata”.

Alur cerita yang ringan tidak terburu-buru. Pengenalan tiap tokoh-tokohnya yang mendetail. Tidak ada konflik yang signifikan di dalam cerita ini. Benar-benar hanya memfokuskan akan nasib percintaan tiga orang pria dewasa dengan suasana kisahnya yang berbeda-beda dengan pasangannya masing-masing. Sehingga saya bisa mengambil kesimpulan di tiap-tiap kisahnya. Seperti kisah Dimas yang harus ekstra sabar dalam mengahadapi ibunya dan membuat ibunya mengerti akan sosok impian masa depannya, dan meyakinkan Clara agar mau menuruti permintaan ibunya supaya mereka bisa bersatu. Kisah Satria, yang harus sabar dalam penantian cinta dalam diamnya. Kisah Edo untuk bisa melepaskan cinta masa lalunya, dan membangun hubungan yang baru untuk masa depannya.

Aku simpan cinta aku di sini. Selama jantung kamu masih berdetak, maka cinta aku akan terus hidup. Untuk kamu. (hlm. 237)

Cinta tak akan pernah pergi, dia selalu hadir,
Saat napas masih berhembus dan saat hati masih membuka dirinya. (hlm. 242)

Karakter favorite saya yaitu Dimas. saya sangat menyukai sosok Dimas yang sangat menghormati orang tuanya terkhusus ibunya. Walaupun ibunya tidak merestui hubungannya dengan Clara tapi dia tidak menyerah untuk meyakinkan ibunya bahwa Claralah yang terbaik untuk pendamping hidupnya kelak. Walaupun awal-awalnya sempat di buat kesal dengan sifat yang sama-sama keras kepala antara Clara dan Dimas tapi pasangan ini termasuk pasangan favorite saya.

Banyak kalimat-kalimat atau kutipan yang sangat membangun di dalam cerita ini. Dan di antaranya yang saya sukai adalah :

*Kamu yang menjalani. Kamu yang tahu harus bagaimana. (hlm. 155)

*Nggak ada hubungan yang berjalan mulus. Pasti semua punya batu sandungannya masing-masing. Tapi di situlah lo diuji. Kalau lo kuat, mau berkompromi, saling toleransi, dan tetap berjuang bareng, gue yakin nggak ada yang terlalu mustahil buat di capai. (hlm. 163)

*Gue nggak mau sahabat gue ngerasa kehilangan juga. Karena nggak ada gunung yang nggak bisa didaki, kecuali orang yang mau daki sudah mati. (hlm. 164)

*”Kamu tahu seberapa besar cintaku buat kamu?” Tanya Edo sambil memainkan ujung rambut panjang Sophia.
“Seluas langit biru dan sedalam samudra?” Jawab Sophia.
“Nggak.”
“Lalu?”
“Cintaku sebesar biji apel, tapi bisa tumbuh dan mengakar selamanya.” (hlm. 169)

*Jatuh cinta itu Cuma satu. Jatuh dengan bebas, tanpa prasangka ataupun penyesalan. Jatuh cinta seharusnya membawa kebahagiaan. Karena jatuh cinta itu anugerah dan hanya bisa dirasakan oleh orang-orang tertentu, orang-orang terpilih.” (hlm. 190)

*Nggak pernah ada waktu yang tepat untuk patah hati dan nggak pernah ada waktu yang salah untuk jatuh cinta. (hlm. 218)

*Jatuh cinta itu sederhana. Apabila sudah tidak sederhana, itu artinya kamu harus melepaskan. (hlm. 218)

*Cinta adalah anugerah. Setiap anugerah layak di perjuangkan sampai akhir. (hlm. 225)

*Memang benar tidak ada pertemanan abadi di antara perempuan dan laki-laki. Tidak aka nada, bahkan sampai seisi dunia lenyap. (hlm. 225)

*Hidup adalah kenyataan. Sepahit apa pun kenyataan itu, kenyataan tetap ada di depan kamu. Tetap berdiri di damping kamu. Tetap menjadi yang terbaik buat kamu. Dan masa lalu, selamanya hanya akan menjadi bayang gelap yang menyisakan luka. Kamu hanya harus memberanikan diri untuk menerima kenyataan. Karena kenyataanlah yang pada akhirnya akan menang dan memberikan akhir yang bahagia. (hlm. 232)

*Kalau ada satu hal yang benar-benar aku tahu pasti dalam hidup, itu adalah kemampuan waktu yang sangat hebat untuk menyiksa kita dalam rasa menyesal. Karena itu… lebih baik kamu menyesal pada hal yang kamu lakukan, daripada menyesal karena hal yang nggak kamu lakukan. (hlm. 235)

*Perbedaan hadir untuk dihilangkan, tetapi dipersatukan untuk saling mengisi satu sama lainnya. (hlm. 280)

[Book Trailer] Eternal Flame



Sekian Book Review-nya. Semoga suka dan bisa dijadikan rekomendasi untuk kalian yang ingin membaca dan memiliki novel ini. Dan bagi kalian yang penasaran dengan kelanjutan kisah dari Edo, Dimas dan Satria, bisa langsung memesannya di Toko Buu Online, seperti Bukupedia.com salah satunya, untuk memudahkan kalian berbelanja buku apa saja yang kalian inginkan tanpa harus keluar rumah dengan kondisi cuaca yang sangat panas dan melelahkan. 


No comments:

Post a Comment